oleh

Tiga ASN ini Budidaya Ulat Maggot, Ubah Sampah Menjadi Pakan

LINGGAUPOS.CO.ID – Uji coba budidaya ternak ulat maggot dengan menggunakan sampah organik , dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir  (TPA) kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Uji coba budidaya ulat maggot ini dilakukan  oleh tiga ASN Empat Lawang, Aldiwan S.STP sebagai Ketua, Hasnan Sumantri S. STP dan Sukarno sebagai anggota.

Uji coba tersebut sudah berjalan satu minggu, yang bertujuan  dari hasil budidaya ulat maggot untuk  pakan ikan dan ayam.

Ketua Budidaya Ulat Maggot Aldiwan S.STP melalui anggota Sukarno mengatakan budidaya ulat maggot  masih dalam tahapan uji coba. ”Masih sedikit  baru memancing ulat maggotnya,” kata Sukarno, Minggu (14/2/2021).

Dijelasnyakannya lebih lanjut, tujuan dari budidaya ulat maggot untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Empat Lawang. Sementara untuk proses budidayanya itu tidak memakan waktu terlalu lama.

“Tidak terlalu lama, berkisaran memakan waktu satu bulan dan memakan biaya yang terlalu besar dan saat ini lagi persiapan untuk membuat kandang ternaknya,” jelasnya.

Namun ia berharap dengan adanya inovasi ini, adanya perhatian dari pemerintah daerah serta  sampah organik bisa dimanfaatkan sehingga bisa menekan jumlah sampah yang masuk ke TPA

“Selain membuat pakan ikan dan ayam ke depannya harapan kami akan membuat pelet dari ulat maggot,” tukasnya. (*)

Rekomendasi Berita