oleh

Tidak Semua Bisa Manfaatkan Pelayanan Online, Disdukcapil Empat Lawang Tetap Buka Pelayanan

LINGGAUPOS.CO.ID- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, tetap melakukan pelayanan seperti biasa. Meskipun saat ini sudah ada imbauan dari pemerintah, untuk membatasi pelayanan tatap muka.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial mengatakan alasan pihaknya masih membuka pelayanan tatap muka karena pelayanan Disdukcapil merupakan pelayanan umum, yang tidak dapat disamakan dengan pelayanan umum lainnya.

“Tidak semua warga bisa memanfaatkan pelayanan berbasis informasi teknologi (online, red). Makanya, kita tetap buka untuk melayani mereka, tanpa ada pengurangan jam pelayanan,” kata Okki saat dibincangi, Kamis (2/3).

Untuk menerapkan sistem shif kepada para pegawai dalam melaksanakan pelayanan, Disdukcapil juga tidak bisa karena keterbatasan jumlah pegawai.

“Hingga saat ini, jumlah masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan KK/KTP masih normal, sekitar 40 pembuatan hingga 80 per hari dan itu mesti dilayani. Kalau kita terapkan sistem shif atau pengurangan jam pelayanan, tentu akan berdampak ke pelayanan masyarakat, karena jumlah petugas kita sangat terbatas,” ungkap Okki.

Satu-satunya solusi yang bisa mereka lakukan untuk mencegah Covid-19, dengan menyediakan sabun dan air tempat cuci tangan di depan pintu masuk kantor Disdukcapil.

“Sebelum masuk kantor, kita minta cuci tangan terlebih dahulu,” tegasnya.(*)

Artikel ini sudah diterbitkan di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul”Tidak Semua Bisa Manfaatkan Pelayanan Online”

Rekomendasi Berita