oleh

Tidak Lolos Tes Psikologi, Anggota Polres Musi Rawas Tak Layak Pinjam Senpi

LINGGAUPOS.CO.ID – Polres Mura melaksanakan pemeriksaan psikologi dalam rangka pinjam pakai senpi (senpi) dinas, mapping, profiegl klinis psikologi dan konseling berkala jajaran Polda Sumsel 2020. Tes psikologi dilaksanakan bagi personel yang akan pinjam dan pakai senpi.

Pelaksanaan tersebut diikuti personel polres serta polsek-polsek di wilayah hukum Polres Mura, di Gedung Atmani Wedhana, Mapolres Mura, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, Jumat (14/8/2020).

Kapolres Mura, AKBP Efrannedy mengatakan, “Tes senpi ini sengaja dilaksanakan bagi personel yang akan meminjam dan menggunakan senpi dalam tugas masing-masing,” kata Efrannedy.

Kapolres menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur integritas/kepribadian, sikap kerja bagi personel yang memegang senpi dari aspek motorik dan emosi.

“Sehingga diharapkan dengan hasil test tersebut diketahui personel yang memenuhi persyaratan memegang senpi dalam melaksanakan tugas,” jelas kapolres.

Lebih lanjut, kapolres menjelaskan, tujuan dari tes psikologi ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kepribadian personel yang akan menggunakan senpi, sehingga diketahui layak tidaknya memegang senpi.

Serta pengawasan penggunaan senpi ini inventaris satuan ini dilaksanakan secara berkala dengan melakukan pengecekan fisik senpi berupa pemeriksaan wujud senpi jumlah peluru, dan surat-suratnya, terus menerus secara ketat.

“Tes psikologi bagi pemegang senpi tersebut bisa dilakukan setiap tahunnya karena kejiwaan seseorang itu bersifat fluktuatif,” tambahnya. (*)

Rekomendasi Berita