oleh

Tiap Kelurahan Rp300 Juta

CURUP – Dana kelurahan yang akan disalurkan awal 2019 jumlahnya bervariasi sesuai dengan indikator yang ada di kelurahan. Namun estimasi yang didapat rata-rata Rp300 juta.

Plt Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini, Sabtu (22/12) menjelaskan pembagian dana kelurahan yang akan digulirkan 2019 hampir sama dengan indikator pada penyaluran Dana Desa (DD) seperti sesuai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kondisi panjang jalan dan lainnya.

“Kalau dalam penyaluran dana kelurahan ini kita hanya juru bayar saja, kalau anggarannya sudah ada sekitar Rp11,9 miliar, dana ini dibagikan untuk 34 kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” jelas Upik.

Selama ini, untuk kelurahan rata-rata mendapat anggaran Rp50 juta, dengan adanya dana kelurahan ini tentunya akan bertambah.

“Untuk tahapannya juga hampir sama seperti menyiapkan kas kelurahan, realisasi anggaran dan nantinya kelurahan juga menyiapkan RKA,” paparnya.

Begitu juga dalam penyalurannya, dana kelurahan ini nantinya akan direalisasikan beberapa tahap.

“Dana kelurahan ini 70 persen untuk pembangunan fisik, sisanya untuk nonfisik, seperti operasional, ATK dan lain-lain,” jelasnya.

Menurut Upik, penyaluran dana kelurahan ini tidak menggunakan pendamping seperti pada penyaluran dana desa. Sebab, dana kelurahan yang ada di kantor lurah berisi ASN-ASN yang dianggap mampu mengelola keuangannya.

“Kalau di kelurahan inikan isinya ASN, jadi tidak perlu pendampingan, lain dengan di desa yang memang perlu adanya pendampingan,” tambah Upik. (sam)

Rekomendasi Berita