oleh

Tes Keagamaan Jadi Poin Utama

Hari Ini, Pengumuman Kelulusan Siswa Baru MAN 2

Kemarin (30/6) sebanyak 371 calon siswa baru MAN 2 Lubuklinggau mengikuti rangkaian tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Keagamaan (baca tulis Alquran dan praktik ibadah), yang berlangsung lancar dan tertib.

Laporan Qori Musdalifah – Taba Jemekeh

ADAPUN dalam tes tertulis ini, para peserta menyelesaikan 60 soal pilihan ganda tes potensi akademik (TPA) yang meliputi bidang studi Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, IPS Terpadu, dengan waktu ujian 90 menit. Sedangkan tes keagamaan meliputi tes praktik baca tulis Alquran dan praktik salat.

Saat diwawancarai, Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin menjelaskan yang menjadi poin utama dalam kegiatan seleksi ini ada pada tes keagamaan baca tulis Alquran.

“MAN 2 adalah sekolah yang berbasis agama dan tidak mungkin menerima siswa yang tidak bisa baca tulis Alquran, apalagi pada jurusan keagamaan saja ada 8-9 mata pelajaran. Jika tidak bisa baca tulis Alquran dikhawatirkan siswa susah mengikuti kegiatan pelajaran di MAN 2,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Saipul, manfaat tes ini juga sebagai langkah pemetaan untuk sisi akademik para calon siswa, agar pihak sekolah dapat mengetahui dan menentukan jurusan serta minat dari para calon siswa. Yang mana kita ketahui MAN 2 Lubuklinggau memiliki tiga jurusan, diantaranya jurusan IPA, IPS dan Agama.

“Jadi siswa yang mampu di bidang eksak kita arahkan ke IPA, yang mampu di bidang sosial kita arahkan ke IPS, begitu juga dengan bidang keagamaan,”paparnya.

Pada pelaksanaan seleksi PPDB yang terbuka dan sesuai aturannya ini, Saipul juga mengatakan pihaknya harus selektif, baik secara administrasi maupun secara penerimaan.

“Dan dilihat pelaksanaan seleksi hari ini, calon siswa yang hadir sepertinya memang benar-benar minat ke MAN 2. Dan diharapkan dengan seleksi ini, kita mendapatkan siswa-siswi yang terbaik diantara yang baik, dan ditambah proses yang baik, Insya Allah akan menghasilkan output yang baik pula,”tukasnya.

Sedangkan untuk daya tampungnya, Saipul menambahkan tahun ini MAN 2 akan menerima lebih kurang 7 Rombongan Belajar (Rombel) dengan kapasitas 36 satu Rombelnya.

Sedangkan untuk jalur prestasi yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Waka Kesiswaan MAN 2 Joharudin memaparkan dari 38 calon siswa yang mendaftar, telah diterima 31 siswa melalui jalur prestasi ini.

Selain tes keagamaan, Joharudin yang juga ketua panitia PPDB mengatakan juga melihat akhlakhul kharimah calon siswa melalui sikap mereka yang terlihat saat pelaksanaan kedua tes ini.

“Jadi dalam tes ini, sikap serta kedisiplinan mereka kita perhitungkan. Bisa kita lihat dari kerapiannya, sikapnya dan lainnya. Karena anak-anak yang masuk ke MAN 2 benar-benar harus mencerminkan anak madrasah,” tuturnya.

Pengumuman seleksi PPDB ini akan dilaksanakan pada hari ini Senin (2/7), yang bisa dilihat langsung di MAN 2 Lubuklinggau.

“Calon siswa yang melihat pengumuman kelulusan harus membawa serta orang tua, dan bagi siswa yang dinyatakan lulus, orang tuanya langsung mengikuti rapat awal bersama kepala madrasah untuk membahas kontrak belajar dan menyelesaikan administrasi,” katanya.

Dan bagi yang belum lulus diterima di MAN 2, tambah Joharudin, untuk jangan berkecil hati, mungkin di MAN 2 belum yang terbaik. Dan MAN 2 melaksanakan PPDB sesuai aturan dan kapasitasnya.

“Di samping kuantitas yang akan terus kita tingkatkan, kualitas MAN 2 akan juga kita tingkatkan agar semakin lama MAN 2 akan semakin baik dan mampu melahirkan generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia dan berkualitas,” harapnya. (AE02)

Rekomendasi Berita