oleh

Tersangka Penyetrum Ikan Diringkus

Tersangka Berasal dari Kecamatan Rawas Ilir

Lembaga Persatuan Peduli Aliran Sungai (LPPAS) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratata) gencar lakukan investigasi. Sekaligus penangkapan bagi oknum melakukan penyetruman ikan. Terbukti sudah sembilan tersangka diringkus. Saat ini mereka sedang menjalani proses hukum.

Laporan Suwito, Sidorejo

Kepala LPPAS Kabupaten Muratara, Samsul Bahri mengatakan bahwa sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Muratara tahun 2016 berisikan tentang pelarang keras bagi oknum melakukan penyetruman, meracun serta menghambat dan menutupi aliran sungai. Maka pihaknya tidak segan-segan melakukan penangkapan bagi oknum yang masih melanggar Perbup tersebut.

“Kita terus melakukan investigasi sekaligus penangkapan bagi pelaku penyetruman ikan. Saat ini kita sudah meringkus sebanyak delapan tersangka, dan sekarang sudah menjalani proses hukum, jadi memang kita tidak main-main dengan kasus ini,” kata Samsul Bahri, Kamis (15/11).

Samsul Bahri menjelaskan, memang oknum yang melakukan penyetruman ikan masih ada itu pun dengan cara diam-diam. Namun kami terus berupaya melakukan investigasi sekaligus pemantauan yakni terbuktinya sudah mulai berangsur menurun.

“Tapi walaupun demikian, di seputaran Kecamatan Rawas Ilir khususnya di Desa Pauh masih tinggi terjadinya aksi penyetruman dilakukan oknum, maka dari itu kepada warga apabila melihat aksi tersebut silakan melapor dan pasti laporan tersebut akan kami tindak lanjuti,” jelasnya.

Ia menyebutkan dari delapan tersangka diringkus terdiri dari enam tersangka dari Kecamatan Rawas Ilir, satu tersangka dari Kecamatan Karang Dapo, satu tersangka dari Kecamatan Rupit semuanya sedang menjalani proses hukum.

“Baru-baru ini kita kembali meringkus satu tersangka dari Kecamatan Ulu Rawas dan sudah diamankan di Mapolres Musi Rawas beserta barang bukti diantaranya mesin sentrum, perahu dan sanggi. Kami tegaskan, tidak akan memberi toleransi dan ampun bagi oknum yang masih melakukan penyetruman ikan,” tutupnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita