oleh

Terlibat Pembunuhan, Mantan Kades Serahkan Diri

Buron 1,5 Tahun

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Mantan Kades Pian Raya, Kecamatan Muara Lakitan Dedi Irama (45) sempat jadi buron 1,5 tahun. Namun akhirnya menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau.

Dedi yang datang mengenakan kaos merah dengan jaket berwarna hitam, dengan rambut sudah agak memutih.

Ia tiba di Kejari Lubuklinggau sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (29/1). Lalu langsung menuju ruang Pidana Umum (Pidum). Di ruang tersebut sudah menunggu petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Lubuklinggau, dengan seragam lengkap.

Tak berapa lama, Dedi yang diantar oleh keponakannya itu langsung diantarkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Darmadi Edison dan Arliansah menuju Lapas Kelas II A Lubuklinggau. Tersangka Dedi Irama terlibat kasus pembunuhan terhadap korbannya, Edi Enjoy (43), divonis Mahkamah Agung (MA) hukuman 10 tahun dalam putusan Kasasi yang diterima Kejari Lubuklinggau pada 11 Oktober 2016 lalu.

Putusan kasasi itu bertolak belakang dengan putusan Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau dalam sidang kasus yang digelar, Kamis (17/3/2016). Saat itu, Dedi dinyatakan bebas dari jeratan hukuman. Akibatnya, sidang sempat ricuh karena keluarga korban tidak menerima putusan tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Lubuklinggau, Hapit Suhandi mengatakan kalau pihaknya telah melayangkan dua kali surat pemanggilan kepada terdakwa Dedi, usai putusan MA.

Sebab, dari hasil kasasi yang diterimanya, Dedi divonis 10 tahun masa hukuman penjara.

“Ia menyerahkan diri dan akan langsung kita tahan di Lapas Kelas II A Lubuklinggau untuk menjalani hukuman,” katanya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita