oleh

Terlibat 16 Kasus Pencurian, Punya Jimat Kebal, Didor Polisi Keok

LINGGAUPOS.CO.ID – Komplotan pencurian di Kota Lubuklinggau berhasil diringkus petugas Sat Reskrim Polres Lubuklinggau. Ada tiga tersangka yang berhasil diringkus, bahkan ketiganya dihadiahi timah panas, kendati memiliki jimat kebal.

Ketiganya yakni Gunawan alias Alex (30), Kasuma alias Keng (35) dan Dika (40). Ketiganya warga Kelurahan Muara Enim Kecamatan Lubuklinggau Timur II. Mereka bertiga ditangkap di Kelurahan Wira Karya Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Minggu (12/1/2020) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono dalam pers rilis, Senin (13/1/2020) di Sat Reskrim Polres Lubuklinggau menjelaskan, berbagai modus dilakukan ketiga tersangka dalam aksi pencuriannya.

“Awalnya tersangka Gunawan berkeliling mencari target rumah yang akan dibobol. Kemudian Kasuma  dan Dika mereka sebagai eksekutor membongkar rumah dan mengambil barang-barang,” tegas Kapolres.

Nah, saat bertemu petugas Minggu malam lalu, ketiganya mencoba melawan petugas, dan petugas sudah memberikan tembakan peringatan namun tidak digubris, sehingga tim buser terpaksa menembak kaki ketiganya guna melumpuhkannya.

“Padahal mereka ini membawa delapan jimat. Menurut mereka, bisa menyelamatkan dirinya dari bahaya. Jimat itu dibungkus dengan kain putih dan merah yang dilapiskan plastik, dan dikenakan sebagai sabuk,” tambah Kapolres.

Ditambahkan Kasat Reskrim AKP Alex Ardian, terakhir ketiga tersangka melakukan pencurian mobil Suzuki Futura warna hitam dengan Nopol B 9494 NAA, satu unit sepeda motor Honda Beat BG-2435-QAA serta ponsel merk ViVO Y95.

Selain itu pelaku juga mengambil dompet yang berisikan STNK asli mobil dan STNK sepeda motor dan uang Rp3 juta. “Kejadiannya di RT.5 Kelurahan Batu Urip,” tambah Kapolres.

Korbannya Meliana (36 tahun) warga Jl Kenanga 2, RT 05, Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Aksi pencurian itu terjadi pada Senin (7/1/2020), saat itu para pelaku melakukan pencurian dengan pemberatan dengan cara memanjat tembok belakang rumah lalu masuk melalui pintu samping.

Sementara itu, dari hasil pengembangan, diketahui ketiga tersangka sudah 16 kali melakukan pencurian, dengan TKP berbeda. Adapun 16 kasus itu.

1. Jalan Kenanga ll RT.5 Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara lI. Tersangka mengambil mobil Suzuki Futura, sepeda motor Honda Beat, Ponsel VIVO Y95, STNK asli mobil dan sepeda motor, KTP dan uang Rp3 juta.

2. Jalan Kenangan II Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara lI, mengambil dua unit ponsel dan satu jam tangan.

3. JaIan Fatmawati Kecamatan Lubuklinggau Timur lI, mengambil dua unit sepeda motor Honda Beat dan sepeda motor Honda Revo.

4. Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II, mengambil sepeda motor Honda Revo.

5. Kelurahan Pasar Satelit Kecamatan Lubuklinggau Utara II, mengambil sepeda motor Yamaha Jupiter MX warna biru.

6. Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Selatan II ,mengambil sepeda motor Yamaha Vega R.

7. Kelurahan Amula Rahayu Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil mobil Mitsubishi L300.

8. Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Utara II, mengambil mobil Suzuki Carry.

9. Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil mobil Suzuki Carry.

10. Kelurahan Belalau Kecamatan Lubuklinggau Utara I, mengambil mobil Suzuki Carry.

11. Prumnas Kelurahan Siring Agung Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil sepeda motor Yamaha R15.

12. Kelurahan Simpang Priuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil sepeda motor Yamaha Vixion dan Suzuki Satria F.

13. Kelurahan Simpang Priuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil dua unit sepeda motor Honda Beat.

14. Kelurahan Simpang Priuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil sepeda motor Honda Supra Fit.

15. Kelurahan Marga Mulya Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, mengambil sepeda motor Honda Beat.

16. Bukit Sulap Kecamatan Lubuklinggau Utara II, mengambil sepeda motor Honda Vario.(*)

Rekomendasi Berita