oleh

Terjadi Titik Longsor Kecil, Tapi Membahayakan Pengendara yang Melintas

Jalan antara jalan Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur dan Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang ada titik longsor bisa membahayakan pengendara melintas. Sebab lokasi titik longsor berada di tikungan tajam.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Saat kami melintas di jalan Desa Air Meles Bawah, Kecamatan Curup Timur dan Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu, bersama sejumlah pengendara lain menggunakan roda dua sempat kaget. Pasalnya di sawangan dan kondisi jalan menikung ada titik longsor yang sewaktu-waktu pengendara masuk di dalamnya.

Meski hanya lebar sekitar 1 meter hingga 2 meter, dengan kedalaman sekitar 2 meter, namun kondisi titik longsor yang belum diketahui kapan terjadi tidak terpasang tanda bahaya Hanya ada beberapa batang ranting dan tali plastik yang diikat agar pengendara bisa melihat tanda titik longsor meskipun hanya bisa dilihat saat jarak dekat.

Pantauan saya di lokasi, titik longsor tersebut diduga bekas aliran sungai atau siring. Namun saat ini lokasi tersebut hanya sedikit air yang mengalir. Jika dibiarkan, dikhawatirkan titik longsor akan melebar dan memakan badan jalan.

“Lokasinya di tikungan, jadi tidak terlihat saat pengendara melintas,” tutur Apriko (31) salah satu pengendara yang kebetulan melewati kawasan itu, Selasa (10/4).

Ia khawatir, jika dibiarkan, lubang bekas titik longsor akan memakan badan jalan.

Senada disampaikan Amat (37) warga Air Bang Curup tengah. Ia mengaku baru melihat ada titik longsor di kawasan itu. “Tidak lebar sih, tapi kalau berada di tikungan tajam bisa membahayakan pengendara,” katanya.

Ia berharap, meski lokasi titik longsor masih kecil, jika tidak segera ditanggulangi dikhawatirkan akan menjadi lebar. Apalagi sering terkena aliran air.(*)

Rekomendasi Berita