oleh

Terima SK Gubernur, Guru Bisa Urus Sertifikasi

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – 10.051 guru honorer se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (21/6) menerima SK dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin. 450 Diantaranya, adalah guru SMA-SMK di Kabupaten Musi Rawas (Mura).

“Iya, ada 450 guru honorer yang mendapat SK Gubernur Sumsel. Mereka ini adalah guru-guru yang sudah terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) SMA-SMK se-Kabupaten Mura. Jadi SK diterbitkan acuannya Dapodik,” jelas Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Kabupaten Mura, Hairul Aswar saat diwawancara Linggau Pos, Senin (25/6).

Guru yang mendapat SK Gubernur, kata Hairul, mendapat tunjangan dari APBD Provinsi Sumsel Rp 1,5 juta per bulan, mulai Juli 2018.

“Selama ini, seperti di SMAN Megang Sakti gaji honorer ini bervariasi tergantung kemampuan sekolah. Di sekolah yang saya pimpin, ada 34 honorer yang dapat SK Gubernur. Namun, masalah gaji dari sekolah juga tetap ada. Jadi lain itu, antara gaji dari sekolah dengan dari APBD Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Selain tunjangan, dengan SK Gubernur itu juga, guru bisa mengurus Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) sehingga berpeluang mendapat sertifikat guru.

Kepala SMAN 1 Model Muara Beliti, Yasbudaya juga bersyukur dengan apa yang diraih 19 guru yang mengabdi di sekolahnya.

“Bagi kami, ini untuk kesejahteraan guru. Dan yang pasti, akan memotivasi guru makin semangat dalam mengabdi. Bagaimanapun perjuangan guru sangat penting untuk dihargai. Dengan apresiasi dari Gubernur Sumsel ini, kami berharap juga menyemangati guru untuk lebih kreatif dalam mencerdaskan anak bangsa,” imbuhnya.(02)

Rekomendasi Berita