oleh

Terhitung 16 Kali Kejadian Kebakaran

LINGGAUPOS.CO.ID – Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang mencatat sebanyak 16 kali kejadian kebakaran di wilayah kabupaten Empat Lawang terhitung dari Januari hingga Mei 2021.

Adapun kejadian kebakaran diantaranya kecamatan pasemah air keruh sebanyak satu kejadian, Pendopo Barat dua kejadian, Lintang Kanan empat kejadian,Tebing Tinggi empat kejadian, Sikap Dalam satu kejadian, Pendopo dua kejadian dan Saling dua kejadian

“Rata rata dampak kebakaran diduga instalasi listrik (korsleting, red) dan di dalam insiden tesebut tidak ada korban jiwa,” kata Kepala BPBD Sahrial Podril melalui Kabid Damkar RM Abdulah Sobri S.STP, MAP didampingi Kasi PBK Darul Kefni, ST, MM.

Dijelaskan Darul Kefni, sebanyak 16 kejadian tersebut diantaranya rumah habis terbakar sebanyak sembilan rumah, rusak berat delapan rumah, rusak ringan 11 rumah dan dua kandang ayam beserta ternaknya, dengan jumlah kepala keluarga (KK) 36 KK dan 109 jiwa.

“Ditafsir kerugian rata rata mencapai ratusan juta rupiah,semuanya kurang lebih Rp1 Miliyar,” jelasnya.

Dengan demikian, melihat kejadian yang sudah sudah, lanjutnya dengan kelengkapan seadanya berharap, kiranya di setiap kecamatan memiliki mobil damkar untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan

“Minimal satu kecamatan memiliki satu mobil damkar, untuk saat ini ada lima zona yaitu Tebing, Saling, Talang Padang menjadi satu. Kecamatan Paiker, Muara Pinang dengan Lintang Kanan. Kemudian Ulu Musi dengan Sikap Dalam. Serta Kecamatan Pendopo Barat dengan Pendopo Induk yang memiliki mobil damkar,” tukasnya.(*)

Rekomendasi Berita