oleh

Terampil Melipat, Kembangkan Motorik Halus Anak

LINGGAU POS ONLINE, MAJAPAHIT – “Ayo anak-anak lipat kertas origami menjadi dua bagian sehingga berbentuk segitiga,”seru salah seorang guru RA Amanah Bunda kepada semua anak didiknya, sambil menunjukkan kertas origami berwarna jingga dan mencontohkan cara melipatnya. Saat itu semua anak mengikuti dengan serius apa yang dicontohkan gurunya di depan.

Ada anak yang bertanya begini dan begitu, ada anak yang cepat berhasil menirukan apa yang diperintahkan oleh gurunya dan ada pula yang fokus melihat gurunya dan tidak fokus dengan kertasnya dan berbagai macam tingkah anak-anak lainnya dalam kegiatan melipat ini. Hingga akhirnya anak-anak bisa melipat kertas tersebut menjadi bentuk yang dicontohkan oleh gurunya sebuah pesawat kertas.

Anak-anak dengan semangat melempar pesawat kertasnya. Pesawat kertas pun terbang tinggi di udara ruang kelas dan menari-nari ke sana kemari. Anak-anak pun berteriak senang dan gembira melihat tingkah pesawat kertas yang telah di buat mereka, sebelum akhirnya pesawat kertas terjun ke lantai.

Inilah salah satu bentuk permainan yang berkesan bagi anak-anak, yaitu melipat kertas menjadi sesuatu untuk permainan. Tentu saja, tidak hanya pesawat kertas yang bisa dilipat-lipat menjadi permainan yang menyenangkan bagi anak-anak. Bentuk-bentuk lain pun bisa dibuat, misal, perahu, robot, burung, boneka, binatang, dan lain sebagainya.

Itulah sebagian kecil kegiatan anak-anak didik RA Amanah Bunda di Jalan Yos Sudarso, Lorong Masjid Az Zuhro depan SMKN 3, Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Dan mengenai hal tersebut, Kepala RA Amanah Bunda, Khoirunissah mengatakan keterampilan melipat kertas sangat penting diajarkan kepada anak-anak, terutama sejak usia dini. Karena bermain dengan keterampilan melipat kertas akan memberikan dampak positif bagi anak-anak.

“Pertama, dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak dengan baik, karena dengan gerakan jari-jari anak akan terampil dalam melakukan berbagai gerakan melipat, mulai dari tingkat yang sulit sampai mudah. Ini akan memberikan keterampilan penting dalam perkembangan anak,”ungkapnya.

Kedua, lanjutnya, dalam kegiatan melipat kertas, anak-anak akan diajari tentang komposisi kemampuan mengatur ruang, jarak, dan ketepatan, dan ini gunanya untuk perkembangan kecerdasan anak. Serta anak yang terampil dalam melipat kertas, pasti memiliki kemampuan kognitif yang baik. Dan ketiga, kegiatan ini untuk mengembangkan kesenangan kegembiraan anak-anak. Karena bermain dengan melipat kertas, selalu mengembangkan rasa senang dan gembira anak.

“Dan terakhir adalah dalam kegiatan bermain melipat kertas, terkadang permainan pun akan melibatkan gerak secara aktif. Ini akan membuat anggota tubuh anak-anak bergerak, sehingga menyehatkan anak,” ungkapnya.

Sementara itu, RA Amanah Bunda juga memiliki program unggulan yaitu tahfiz surat pendek, hadist, doa sehari-hari, privat Iqro, praktik salat, pembinaan Islami dan pembinaan Calistung. Sedangkan untuk program pengembangan ada dasar membaca dan menulis, dasar berhitung, dasar bahasa Inggris dan Arab serta minat dan kreativitas anak.

Tidak hanya itu saja, RA Amanah Bunda juga memiliki beberapa fasilitas yang lengkap untuk peserta didik, diantaranya Masjid Az-Zuhro, kolam renang, 3 ruang belajar yang kondusif, halaman yang luas, dan bebas polusi.

“Kita juga punya program Salat Dhuha, ekstrakulikuler berenang, kegiatan kunjungan edukasi setiap bulan dan pembelajaran sesuai Kurikulum K13,”katanya. (AE02)

Rekomendasi Berita