oleh

Temukan Enam Mayat Tanpa Identitas

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Sepanjang 2017, Petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sobirin menangani enam mayat tanpa identitas.

Direktur RSUD Dr Sobirin, dr Nawawi Akip melalui Penjaga Kamar Mayat, Hari Prionggo, Jumat (1/12) mengatakan, sesuai dengan kesepakatan. Apabila mayat ditemukan dan disimpan di kamar mayat selama 1×24 jam tidak diketahui identitasnya ataupun diketahui keluarganya, maka akan dikebumikan oleh pihak rumah sakit.

Mayat yang ditangani Hari dan rekan-rekannya di RSUD Dr Sobirin beragam. Mulai dari meninggal akibat dibunuh, hanyut bahkan kecelakaan.

“Namun walaupun demikian, sebagai petugas rumah sakit khususnya dengan mayat pasti akan ditangani,” jelas pria kekar ini.

Ia menjabatkan, mulai Januari dua mayat ditemukan dalam keadaan tidak utuh atau hancur, Maret satu mayat dalam kondisi membusuk. April ditemukan satu mayat, Oktober dua mayat sedangkan November hingga awal Desember 2017 nihil.

Hari menambahkan, sebelum dilakukan pemakaman terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan pimpinan RSUD Dr Sobirin.

“Apabila sudah tidak diketahui identitasnya. Dan dikhawatirkan semakin lama disimpan akan menjadi penyakit. Maka dikebumikan,” jelasnya.

Lantas bagaimana dengan kasus pembunuhan. Terpisah, Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kasat Reskrim, AKP Wahyu Setyo Pranoto mengatakan, sepanjang Januari-Agustus 2017 ada sembilan kasus pembunuhan yang telah ditangani di Mapolres Musi Rawas.

AKP Wahyu Setyo Pranoto menjelaskan, rinciannya kasus pembunuhan itu Januari-Februari nihil, lalu Maret ada dua kasus, April satu kasus, Mei tiga kasus, Juli satu kasus sedangkan Agustus dua kasus. Untuk bulan selanjutnya belum diketahui.

“Namun, kami pastikan apapun kasus yang diterima ataupun dilaporkan pasti kami selidiki dan apabila lengkap ada saksi, bukti dan korban maka akan kami akan lakukan penyelidikan hingga pengungkapan,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita