oleh

Temukan 111 Pencurian Aliran Listrik

CURUP – PLN Cabang Curup menemukan ratusan pencurian aliran listrik dilakukan oknum pelanggan.

“Selama 2018 ada sekitar 111 pencurian aliran listrik,” kata Manager PLN Curup, Khaidir Nasir, Rabu (30/1).

Dijelaskan Khaidir, dari sekitar 111 pencurian aliran listrik tersebut jumlah listrik yang digunakan bisa mencapai 224.794 Kwh. Jika biaya per Kwh sebesar Rp1.500 maka kerugian akibat pencurian bisa mencapai Rp337.191.000.

Menurutnya, pencurian aliran listrik dilakukan oknum pelanggan mulai dari menyadap listrik, memperbesar daya sendiri hingga menjumper listrik. Menurutnya, tindakan pencurian listrik merupakan tindakan kriminal yang bisa dibawa ke jalur hukum.

Hanya saja, dalam melakukan penyelesaian soal pencurian aliran listrik tersebut, pihaknya masih melakukan penyelesaian secara persuasif dengan meminta pelanggannya membayar denda terhadap aliran listrik yang sudah digunakannya.

“Kita berikan kebijakan dengan mencicil tunggakan selama waktu setahun,” katanya.

Masih menurutnya, potensi pencurian ini diduga dilakukan oleh pelanggan yang kondisi aliran listriknya dicabut.

Ia menambahkan, hingga saat ini sudah sebagian pelanggan yang kedapatan mencuri aliran listrik mulai mencicil tunggakannya.

“Dengan mencicil kerugian akibat pencurian listrik bisa diminimalisir. Kami juga berharap pada para pelanggan agar dapat membayar tunggakan tepat waktu dan tidak melakukan kecurangan,” harap Khaidir. (sam)

Rekomendasi Berita