oleh

Template Braille Untuk Pemilih Tunanetra

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – KPU Kota Lubuklinggau sudah menyiapkan ratusan template khusus untuk surat suara pemilih penyandang tunanetra. Template surat suara tersebut dilengkapi dengan huruf braille, sehingga pemilih tunanetra bisa memilih sesuai dengan hati nuraninya, tidak perlu diarahkan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri didampingi Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau, H Trisko Depriansah menjelaskan nanti saat dilakukan pencoblosan anggota KPPS membantu pemilih tunanetra dengan memasukan surat suara ke dalam template. Selanjutnya, pemilih yang bersangkutan diarahkan ke bilik suara, setelah itu anggota KPPS akan membantu mengambil dan melipat surat suara tersebut untuk dimasukkan ke dalam kotak suara.

Menurut Trisko Depriansah, setiap TPS akan disediakan satu template surat suara untuk penyandang tunanetra yang bisa digunakan bergantian. Trisko menjamin template bisa digunakan penyandang tunanetra, karena sudah disimulasikan sebelumnya di percetakan dengan penyandang tunanetra.

“Semua warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama, termasuk penyandang tunanetra. Kita menjamin mereka memilih sesuai pilihannya masing-masing,” kata Trisko, Rabu (20/6).

Maka dirinya menghimbau kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Lubuklinggau, untuk menyampaikan mengenai penggunaan template ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang dilanjutkan ke KPPS di TPS, dalam penggunaan template khusus untuk pemilih tunanetra.

Terpisah, Ketua PPK Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius menjelaskan pihaknya akan menyampaikan penggunaan template saat dilakukannya bimbingan teknis anggota KPPS. Agar, alat yang sudah disediakan bisa dimanfaatkan dengan maksimal, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Setiap regulasi selalu kita sampaikan ke PPS dan KPPS, termasuk penggunaan templete,” jelasnya.

Adapun Pilkada Lubuklinggau diikuti tiga pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, yakni H Toyeb Rakembang-Sofian, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan H Rustam Effendi-Rizky Aprilia. Sedangkan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubermur Sumsel diikuti empat pasangan calon, yakni H Herman Deru-Mawardi Yahya, H Aswari Rivai-H Irwansyah. Kemudian, H Ishak Mekki-Yudha Pratomo dan H Dodi Reza Alex Noerdin-H Giri Ramanda N Kiemas. (01)

Rekomendasi Berita