oleh

Tekuk Myanmar 2-4, Indonesia Go to Final

LINGGAU POS ONLINE – Tim Nasional (Timnas ) Sepak Bola Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak final SEA Games 2019. Kepastian itu didapat usai skuat Garuda Muda sukses mengalahkan Timnas Myanmar U-23 di babak semifinal dengan susah payah lantaran harus melalui babak tambahan.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019) sore itu, Andi Setyo Nugroho dan kawan berhasil mengalahkan Myanamr dengan skor 4-2. Empat gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Evan Dimas Darmono (dua gol), Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay. Sedangan dua gol Myanmar diciptakan oleh Aung Kaung Mann dan Win Naing Tun.

Sejak babak pertama dimulai, Myanmar langsung menerapkan pressing ketat terhadap para pemain Indonesia. Karena itu, Indonesia cukup kesulitan untuk mengembangkan permainan yang masih menganaldakan tekanan dari sisi sayap.

Meski demikian, Indonesia tetap memiliki kesempatan untuk bisa mencetak gol. Peluang pertama Indonesia datang pada menit ke-12. Dimana, Evan Dimas yang melepaskan tembakan langsung dari luar kotak penalti. Sayang, sepakannya masih mampu diredam penjaga gawang Myanmar, Sann Sat Niang.

Di menit ke-18, giliran Osvaldo Haay yang mengacam gawang Myanmar. Namun, tandukkannya yang memanfaatkan umpan Egy Maulana Vikri dari sisi kanan masih menyamping sisi kiri gawang Myanmar meski Osvaldo dalam posisi cukup bebas.

Dua menit berselang giliran Myanmar yang nyaris menciptakan keunggulan lebih dulu. Beruntung, Beruntung, sepakan keras kaki kanan Lwin Moe Aung dari luar kotak penalti masih mampu di redam penjaga gawang Indonesia, Nadeo Argawinata.

Disisa laga paruh pertama, Indonesia terus mencoba membongkar pertahanan Myanmar. Namun, upaya yang dilakukan skuat Garuda Muda selalu menemui jalan buntu. Para pemai Myanmar selalu mampu meredam upaya serangan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia U-23. Hingga akhirnya skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-23 langsung tampil agresif melancarkan serangan e jantung pertahanan Myanmar. Hasilnya, babak kedua baru berjalan satu menit, Indonesia nyaris merobek jala gawa Myanmar kalau saja sepakan Osvaldo memanfaatkan umpan terobosan tak ditepis Sann Sat.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh Indonesia. Alhasil, pada menit ke-58 skuat asuhan Indra Sjafri itu mampu melepas kebuntuannya. Ya, Indonesia berhasil unggul 1-0 atas Myanmar lewat gol Evan Dimas Darmono yang meneruskan umpan Egy Maulana Vikri dari sisi kanan gawang Myanmar.

Enam menit berselang, Indonesia nyaris menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Sayang, sundulan Egy Maulana Vikri yang memanfaatkan umpan silang Saddil Ramdani masih mampu ditangkapoleh penjaga gawang Myanmar. Begitu juga dengan sundulan Andy Setyo di menit ke-67 yang masih melenceng.

Setelah beberapa kali mendapatkan peluang emas, Upaya Egy untuk mencetak gol akhirnya berhasil pada menit ke-71. Melalui sepkan tendangan bebas Bagas Adi Nugroho mampu dimanfaatkan Egy dengan tandukkannya yang merobek jala gawang Myanmar untuk kedua kalinya.

Unggul dua gol tak membuat Indonesia mengendurkan semangatnya untuk terus menggempur pertahanan Myanmar. Beberapa kali peluang tercipta untuk menambah gol. Sayang, finishing yang urang baik membuat gagal Indonesia untuk menambah kedudukan.

Alih-alih melancarkan serangan, gawang Indonesia justru kebobolan. akibat kesalahan pemain Indonesia sendiri pada menit ke-79. Hasilnya, kesalahan pemain Indonesia itu mampu dimanfaatkan Myanmar melalui Aung Kaung Mann untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui sepakan keras ke arah kiri gawang Nadeo.

Tak perlu waktu lama, semenit berselang, Myanmar mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Lagi-lagi kesalahan pemain sendiri yang menjadi penyebab bobolnya gawang Indonesia. Kali ini, sang penjaga gawang Nadeo yang melakukan blunder lantaran tangkapannya yang menghalau umpan terobosan pemain Myanmar tidak sempurna. Hasilnya, bola yang lepas dari tangkapan Nadeo berhasil dimanfaatkan Win Naing Tun untuk menjebol gawang Indonesia.

Disisa laga, Indonesia terus mencoba untuk bisa membobol gawang Myanmar. Namun, lagi-lagi usaha skuat Garuda Muda selalu gagal di penyelesaian akhir. Sedangkan Myanmar jugatak tinggal diam, mereka selalu memanfaatka serangan balik, yang selalu mengancam gawang Indonesia. Hingga akhirnya skor imbang 2-2 tetap bertahan hingga babak kedua berakhir dan pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan.

Tujuh menit babak tambahan pertama, Indonesia berhasil mencetak gol kegawang Myanamar. Kali ini Osvaldo Haay yang mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan menyusur tanah Asnawi Mangkualam. Gol ini membuat Indonesia unggul 3-2 atas Myanmar.

Di babak tambahan kedua, Indonesia kembali menambah kedudukan menjadi 4-2 atas Myanmar. Lagi-lagi Evan Dimas Darmono yang sukses menyarangkan si kulit bundar ke gawang Myanmar usai menerima umpan pemain pengganti Sani Rizki. Skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga berakhir.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-23 berhasil mendapatkan tiket babak final SEA Games 2019. Di partai puncak pesta olahraga multievent dua tahunan tersebut, Indonesia bakal berhadapan dengan pemenang antara laga Vietnam yang berhadapan dengan Kamboja.

Susunan Pemain

Timnas Myanmar U-23:

18. Sann Sat Niang, 2. Win Moe Kyaw, 3. Ye Min Tu, 5. Ye Yint Aung, 6. Hlian Bo Bo, 7. Lwin Moe Aung, 8. Myat Kaung Khant, 12. Aung Wunna Soe, 15. Aung Naing Win, 19. Htet Phyoe Wai, 20. Nay Moe Naing

Pelatih: Velizar Popov

Timnas Indonesia U-23:

1. Nadeo Argawinata, 14. Asnawi Mangkualam, 2. Andy Setyo, 5. Bagas Adi Nugroho, 11. Firza Andika, 7. Zulfiandi, 6. Evan Dimas Darmono, 15. Saddil Ramdani, 10. Egy Maulana Vikri, 20. Osvaldo Haay, 9. Muhammad Rafli

Pelatih: Indra Sjafri (*)

Sumber: Fajar Indonesia Network (FIN)

Rekomendasi Berita