oleh

Tata Ulang Pedagang PBS

LINGGAU POS ONLINE, ULAK SURUNG – Kesemrawutan Pasar Bukit Sulap (PBS) di Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengingat masih banyak pedagang yang berjualan area parkiran.

Kadisperindag Kota Lubuklinggau, H M Hidayat Zaini menegaskan pihaknya akan segera melakukan relokasi pedagang yang menjajakan barang dagangannya di area parkir.

Hal ini bertujuan agar PBS menjadi lebih rapi dan tertata, tidak semrawut seperti saat ini. Berdasarkan pendataan Disperindag Kota Lubuklinggau, hingga saat ini masih ada 20 pedagang yang masih berjualan di lokasi parkiran PBS.

“Kita tidak ingin, ketika kembali melakukan relokasi dan penolakan atau kontra dari pedagang yang akan direlokasi. Pasti kita lakukan, hanya saja harus bertahap,” ungkapnya

Pihaknya terus melakukan sosialisasi pada pedagang yang harus mereka relokasi. Diberikan penjelasan, kalau tujuannya hanya ingin menata dan menertibkan pasar. Supaya kedepan, pasar makin bersih dan nyaman untuk penjual maupun pembeli.

“Sepi pembeli, diakuinya masih menjadi alasan pedagang yang enggan direlokasi,” terang Dayat.

Sementara pemerintah sudah menyiapkan lapak untuk mereka. Hanya saja memang perlu waktu setelah diberikan pemahaman pedagang bisa mengerti dan mau di relokasi.

Sementara pedagang saat ditanya, Rusmaini (43) mengaku kalau pindah di belakang sepi pembeli, kalau di depan para pembeli ramai karena tidak harus turun dari kendaraan mereka.

“Siap-siap saja pindah, asal fasilitasnya cukup, seperti air, lampu dan lainnya,”tutur ibu dua orang anak ini. (20)

Komentar

Rekomendasi Berita