oleh

Tarif Prona Rp 200 Ribu

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Program Prona atau sudah diganti dengan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terus berjalan, bahkan kuota yang didapat tahun ini cukup besar yaitu 20 ribu persil.

Jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya 11 ribu persil. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Lubuklinggau, Agustin Samosir didampingi staf, Ambar mengatakan sosialisasi sudah dilakukan ke 72 kelurahan se-Kota Lubuklinggau.

Bahkan ada sebagian kelurahan yang sudah masukan berkas, dan dilakukan pengukuran. Untuk diketahui, 20 persil tersebut hanya 10 ribu saja yang akan diukur oleh BPN, sedangkan 10 ribu lagi akan diukur oleh pihak ketiga.

“Laporannya tetap ke BPN Kota Lubuklinggau, kalau kami semua yang mengerjakan tidak terkejar. Jadi hanya 10 ribu saja, 10 ribu lagi akan dilakukan pihak ketiga yang sudah menang tender yang dilakukan pihak Kementerian Pertanahan RI,” ungkap Ambar.

Ditambahkan Agustin Samosir, untuk syarat-syarat sama dengan prona tahun sebelumnya. Untuk biaya di BPN tetap masih Rp. 0, kalau kelengkapan berkas sudah di aturan dalam Peraturan Walikota (Perwal) No. 18 Tahun 2017 tentang pangan.

“Kalau di kami tetap Rp. 0, di tingkat Kelurahan saat ini sudah ada payung hukumnya jadi sudah diatur semuanya Rp 200 ribu,” ungkapnya.

Diakui Ambar, sebagian besar syarat mengikuti program dapat dipenuhi oleh pengaju. Kadang yang menjadi kendala justru berkaitan dengan pajak, seperti BPHTB.

‘Kalau PBB dan BPHTB bukan wewenang kami, itu Pemkot Lubuklinggau. Karena BPHTB itu dikenakan dengan nilai tanah diatas Rp 60 juta,” ucapnya.(07)

Rekomendasi Berita