oleh

Targetkan Pelaksanaan Pilkada di Lubuklinggau, Terbaik se-Indonesia

WALIKOTA Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2017 di Gedung Kesenian Jalan Garuda Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I yang dimulai pukul 10.00 WIB, Selasa (14/11).

Hadir langsung dalam rakor tersebut Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, Kajari Lubuklinggau Hj Zairida, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya, Waka Polres Lubuklinggau Kompol Andi Kumara, Kasdim 0406 Mayor Inf B Hutahuruk, Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Ketua TP PKK Lubuklinggau H Yetty Oktarina Prana dan Sekda Lubuklinggau H A Rahman Sani.

Selain itu juga hadir Ketua Lembaga Adat, Ketua DMI Lubuklinggau Tarmizi Yusuf, tokoh masyarakat serta sejumlah ketua lembaga dan organisasi kemasyarakatan. Kemudian juga seluruh asisten dan staf ahli, kepada OPD, pengurus PKK Kota Lubuklinggau, Camat, Lurah dan RT di wilayah Kota Lubuklinggau.

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe membuka secara langsung kegiatan Rakor tersebut. Menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau pada 2018 mendatang, menjadi salah satu yang dibahas saat Rakor.

Untuk itu saat Rakor, Nanan sapaan akrab orang nomor satu di lingkungan Pemkot Lubuklinggau ini menekankan agar KPU dan Panwaslu Kota Lubuklinggau selaku penyelenggara Pilkada, bisa menjadi pelaksanaan Pilkada terbaik se-Indonesia.

“Untuk itu, kita (Pemerintah, red) sudah menyiapkan sedemikian rupa, baik itu anggaran maupun infrastruktur untuk KPU dan Panwaslu, agar Pilkada di Lubuklinggau bisa menjadi yang terbaik se-Indonesia,” tegas Nanan.

Ia melanjutkan, Lubuklinggau memiliki dua modal untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama dengan tingkat peduli dan yang kedua, mampu meminimalisir money politic.

Hal lainnya, dalam rakor tersebut juga membahas sejumlah keluhan, masukan dan saran dari berbagai elemen yang hadir seperti dari lembaga adat, RT maupun SKPD yang ingin menyampaikan beberapa hal dan didiskusikan bersama.

Seperti halnya sejumlah ketua RT dari berbagai kelurahan menyampaikan keluhan warganya mengenai jalan, listrik, air bersih, drainase, PDAM dan bahkan insentif ketua RT.

Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Andi Kumara menyampaikan, pihaknya mengingatkan warga Lubuklinggau untuk meningkatkan lagi CCTV guna menjaga keamanan.

“Kita menghimbau kepada masyarakat Kota Lubuklinggau, yang membangun rumah atau pun usaha di pinggir Jalan Yos Sudarso yang di tempat tertentu, wajib dipasang CCTV,” imbaunya.

Sementara untuk Pilkada tahun 2018, dari pihak kepolisian siap menjaga keamanan selama berlangsungnya tahapan Pilkada.

Dandim 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Letkol Kav Dody Syamsurizal, yang diwakili oleh Kasdim Mayor inf.B Hutahuruk menyampaikan tentang persatuan Kota Lubuklinggau. Kepentingan negara harus di atas kepentingan pribadi, rela berkorban demi kepentingan negara.

“Sementara untuk Pilkada, kita harus memilih pemimpin yang terbaik. Kita harus menyukseskan Pilkada dengan damai, untuk tercapainya predikat penyelenggara pemilu terbaik,” ungkapnya

Sementara Kajari Kota Lubuklinggau, Hj Zairida menyampaikan, dalam menyukseskan Pilkada tentunya langkah awal yang harus dilakukan dengan ikut berpartisipasi.

“Kita harus ikut berperan aktif, baik dalam menjaga kondusif ataupun turut memilih. Dari pihak kejaksaan, kita akan terus berkoordinasi dengan pihak Polres, KPU dan Panwaslu,” tegasnya. (CW02)

Komentar

Rekomendasi Berita