oleh

Target 2018 Muratara Terlepas dari DOB

Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Muratara, Firdaus Haris
“Di semester dua 2018, kami targetkan Muratara dapat terlepas dari kata DOB menjadi kabupaten definitif..”

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) targetkan terlepas dari kata Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi Kabupaten definitif.

“Hal itu bukan tanpa alasan. Sebagai daerah bungsu yang baru berusia empat tahun dari 18 kabupaten/kota yang masih berstatus DOB, Muratara masuk 8 besar terbaik dari hasil penilaian dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah DOB oleh menteri dalam negeri RI,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Muratara, Firdaus Haris, Kamis (2/11).

Menurutnya, keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari kerja kerja nyata dan kerasnya setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Muratara. Juga dukungan masyarakat, sehingga lanjutnya dalam sepuluh aspek penilaian, Kabupaten Muratara hampir semuanya dikatakan baik.

Kesepuluh aspek penilaian itu adalah, rasio ketersediaan jumlah aparatur, rasio kualitas aparatur, rasio layanan perencanaan ekonomi dilihat dari akses layanan pasar, rasio siswa per pendidik, rasio layanan kesehatan ke masyarakat per tenaga kesehatan, rasio kualitas layanan kesehatan dilihat dari sasaran prasarana kesehatan, rasio layanan kesehatan kemasyarakatan dilihat dari jumlah ketersediaan dokter, akses layanan kependudukan dan rasio Pendapatan Asli Daerah dengan APBD.

“Tentunya itu tidak terlepas dari adanya semangat kerja seluruh lapisan di Pemerintah Kabupaten Muratara, mulai dari pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah kabupaten sangat penting demi terlepasnya Muratara dari DOB,” sebutnya.

Dijelaskannya, dalam penilaian evaluasi semester pertama yang diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri pada bulan Oktober 2017 lalu diharapkan dapat memacu semangat dan meningkatkan kinerja setiap OPD dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Dilanjutkannya, tahun 2018 mendatang Kementerian Dalam Negeri akan kembali melakukan penilaian hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintah DOB dari 18 DOB Kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Di semester dua 2018, kami targetkan Muratara dapat terlepas dari kata DOB menjadi kabupaten definitif,” imbuhnya.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita