oleh

Target 200 Pencaker Terserap Kerja

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Ada 25 perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair 2018 di Balai Embun Semibar, Selasa-Rabu (9-10/10). Baik perusahaan dagang maupun jasa. Terdiri dari perusahaan lokal, regional maupun nasional. Rata-rata perusahaan membuka 3 hingga 4 kesempatan kerja.

Dalam kegiatan Job Fair 2018, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau menargetkan 200 Pencari Kerja (Pencaker) dapat terserap.

“Target 200, kita harapkan lebih 500 Pencaker dapat terserap kerja,” kata H Purnomo, Kepala Disnaker Kota Lubuklinggau usai pembukaan Job Fair 2018, Selasa (9/10).

H Purnomo mengakui kesempatan kerja di Job Fair 2018 mengalami penurunan jika dibandingkan 2017. 2017 lalu, Disnaker Kota Lubuklinggau menargetkan 150 orang Pencaker terserap kerja, tercapai 450 orang.

“Tahun sebelumnya satu perusahaan ada yang menerima 10-20 kesempatan kerja, sedangkan tahun ini hanya 3-4 kesempatan kerja,” ungkap Purnomo.

Perusahaan regional seperti PT Semen Padang, sedangkan perusahaan Nasional seperti Honda, Yamaha dan jenis perusahaan lainnya. Sedangkan perusahaan lokal seperti media cetak Harian Pagi Linggau Pos, Harian Silampari, SilTV, hotel, dan perusahaan jasa lainnya.

Mayoritas kesempatan kerja yang dibuka perusahaan untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat. Setiap memasukan lamaran, Pencaker wajib melampirkan AK 1.

Salah satu perusahaan yang membuka lowongan kerja yakni Bank Sinarmas. Karyawan Bank Sinar Mas, Handoko mengatakan lowongan yang dibuka yakni, Sub Branch Manager (SBM), Relationship Manager (RM), Senior Runding Sales Officer (SFSO) dan Funding Sales Officer (FSO) dengan waktu pendaftaran selama di Job Fair berlangsung.

“Kalau mau gabung dan melamar, syarat minimalnya Strata Satu (S1) segala jurusan. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75, berusia maksimal 30 tahun, bisa bekerja di bawah tekanan, dapat berorientasi pada target, dapat berkomunikasi dengan baik, berpenampilan menarik. Dapat bekerja dalam team maupun pribadi,” beber Handoko.

Handoko menambahkan untuk sistem seleksinya, berkas dikumpul, diseleksi, lalu ada pemanggilan melalui telepon untuk wawancara, dan psikotes melalui online karena terhubung langsung dengan kantor pusat lalu keluar nilai. Setelah itu, baru interview user, tanda tangan kontrak untuk training Sinarmas.

“Target enam bulan, kalau bagus akan dijadikan staf. Saat ini yang melamar sudah 23 orang. Dominan ingin jadi tenaga FSO,” terang dia.

JM Department Store pun membuka lowongan kerja pada Job Fair 2018 ini. Tim HRD JM Dept Store, Rini menjelaskan, manajemen JM Department Store membutuhkan pramuniaga, security dan staf kantor.

“Sekarang, berkas lamaran yang masuk kami seleksi dulu, administrasinya. Kalau oke, akan kami panggil dan ada tes tertulis. Untuk rentang waktu pendaftaran selama dua hari. Sedangkan jadwal interview-nya setiap Selasa dan Kamis di JM Linggau,” jelas dia.

Saat ini sudah 50 orang yang memasukkan lamaran untuk jadi pramuniaga di JM Dept Store. (nia/adi)

Rekomendasi Berita