oleh

Tangkap Maling Pemdes Adakan Sayembara

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Guna menekan tingkat kejahatan, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengadakan sayembara siap memberikan imbalan uang tunai kepada masyarakat yang mampu menangkap pelaku kejahatan. Sayembara tersebut dilakukan untuk menekan tidak pidana kriminal di wilayah Desa Sungai Jernih.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Sungai Jernih, David Haryadi mengatakan sejak diterapkannya program sayembara mencari penodong dan pencuri membuat keamanan di desanya lebih terasa.

“Sayembara ini kami buat sejak awal tahun 2018. Alhamdulillah sampai hari ini belum ada laporan kejadian penodongan di desa kami,” katanya, Kamis (30/8).

Padahal tambahnya sebelum diadakan sayembara di Desa Sungai Jernih sering terjadi aksi penodongan dan pencurian yang dilakukan para kawanan pelaku kejahatan, baik pendatang baru maupun penjahat kelas kakap yang sudah menjadi buronan polisi.

“Dulu hampir setiap Minggu pasti ada kejadian penodongan atau pencurian. Tapi sekarang mulai aman, karena seluruh masyarakat Desa Sungai Jernih sudah menjadi petugas keamanan di desanya sendiri,” ungkapnya.

David menambahkan, program sayembara yang dimaksud adalah apabila warganya dapat menangkap pelaku tindak kejahatan dalam wilayah Desa Sungai Jernih, maka akan diberikan imbalan berupa uang tunai jutaan rupiah.

“Untuk warga yang dapat menangkap penodong beserta barang bukti kami beri imbalan uang tunai Rp 5 juta. Kalau menangkap pelaku pencuri diberikan uang Rp 3 juta,” jelasnya.

Program tersebut, kata David dalam rangka menanamkan rasa memiliki lingkungan yang aman dan nyaman serta dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan terpenting mengurangi aksi tindakan kriminalitas.

“Jadi melalui program ini, para penodong dan maling akan berpikir dulu sebelum bertindak, karena seluruh elemen masyarakat pasti mencarinya, mereka antusias untuk mendapatkan hadiahnya,” jelasnya. (12)

Rekomendasi Berita