oleh

Tangani Masalah ODGJ dan Skrinning ODMK

Dinkes Mura Bentuk Posbindu Excellent

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) terus berinovasi. Dengan membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Excellent (luar biasa) di Desa Sukadana, Kecamatan STL Ulu Terawas, Senin (28/5).

Laporan Sulis, STL Ulu Terawas

TERPUSAT di Balai Desa Suka Dana, Kecamatan STL Ulu Terawas, pembentukan Posbindu Excellent dihadiri Kades, Sekdes, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Kader Posbindu Excellent, Kepala UPT Puskesmas Terawas, Bidan Desa dan Petugas Puskesmas lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mura, drg Hj Miptahullummi hadir diwakili Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM dan Keswa) Nasrul Bayumi, SKM. M.Si.

Kepada kami, Nasrul Bayumi menjelaskan, Posbindu Excellent adalah organisasi masyarakat oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat. Terbentuknya Posbindu Excellent ini rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada orang dengan gangguan jiwa, skrinning Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK).

Posbindu Excellent untuk pertama kali dibentuk di Kabupaten Musi Rawas dan merupakan inovasi pemerintah Kabupaten Musi Rawas dibidang kesehatan, khususnya dalam rangka menangani ODGJ dan Skrinning ODMK.

Pelayannya menggunakan sistem lima meja, pendataan dan skrinning orang pada usia produktif (15-59 tahun ) setelah melakukan skrinning merujuk tersangka ODMK ke unit pelayanan kesehatan dasar (Puskesmas, Pustu dan Puskesmas).

Sementara itu, lanjut Nasrul, sistem kerja kader Posbindu excellent adalah dapat mengikuti semua bentuk perkumpulan yang ada di tengah masyarakat misalnya, Posyandu, Posbindu, pengajian kelompok, arisan, kenduri, PKK dan sebagainya. Dengan men-skrinning usia produktif 15-59 tahun menggunakan kuisioner yang baru.

Didampingi Kabid P2P Edwar Zuliyar, Nasrul Bayumi menjelaskan tujuan dibuatnya Posbindu Excellent adalah untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada semua orang, dengan masalah kejiwaan dan orang dengan Orang Gangguan Kejiwaan Berat dan meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada orang usia produktif.(*)

Rekomendasi Berita