oleh

Tampil Elegan dengan Batik Nusantara

HAI girls, satu di antara cara melestarikan budaya Indonesia adalah memanfaatkan hasil budaya sendiri. Jikalau itu produk fashion batik, maka bentuk pelestariannya adalah dengan memakainya. Batik akan terlihat di mana-mana. Orang pun banyak yang tertarik memakainya. Betulkan?

Tidak hanya untuk pergi ke acara formal atau undangan, batik juga menjadi pakaian yang banyak digunakan sehari-hari.

Saat ini, batik juga banyak dijadikan sebagai bahan cardigan sehingga mempermudah saat melakukan mix and match.

Beragam jenis batik kekinian yang banyak dijumpai di pasaran antara lain adalah Samsara, Bhatara, Kencana ungu, Batiku, Miranti, Arjuna weda, Ryanti batik, Agrapana, Papelaria, dan Kulot.

Dari keseluruhan jenis batik yang telah disebutkan, justru jenis batik kulot lah yang banyak diminati oleh anak-anak millenial, khususnya remaja perempuan.
Kulot merupakan celana yang ukurannya longgar yang terbuat dari bahan katun dengan tekstur halus dan lembut di kulit.

Untuk ukurannya, rata-rata kulot batik ini hanya sampai di bawah lutut atau ukuran 3/4.

Kulot batik tersedia dalam berbagai model corak batik. Tampilan batiknya yang elegan akan membuat perempuan semakin modis.

Modelnya yang simpel, cocok dipakai ke berbagai acara bahkan untuk dipakai sehari-hari, bahkan juga cocok dipadukan bersama baju lengan panjang maupun pendek.

Menurut pendapat mereka bertiga, menggunakan pakaian batik itu sangat penting bagi anak-anak muda, karena bisa melestarikan kebudayaan Indonesia.

Terlebih lagi, banyak pakaian batik yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Mulai dari motif, bentuk, hingga warna.

Bahkan tak jarang juga anak-anak sekolah yang menggunakannya untuk bergaya saat acara resmi hingga kongkow-kongkow (nongkrong) di luar jam sekolah.

Vinarossa menuturkan, untuk model batik yang paling ia sukai adalah motif batik Solo.

“Aku paling suka sama motif batik Solo karena coraknya lebih bagus dan lebih terlihat elegan saat digunakan. Kalau dari segi warna, aku lebih memilih warna yang gelap. Alasannya warna tersebut lebih keren dan tidak bosan dipandang,” kata Vinarossa, kemarin.

Dilanjutkan oleh Ghaida, ia paling memfavoritkan model batik yang simpel, seperti batik mega mendung yang berwarna kebiruan.

“Batik model mega mendung itu kualitasnya lebih bagus dan berkesan mewah untuk anak-anak muda. Kebetulan batik model tersebut ada di rumah, dan sering aku gunakan untuk acara pesta gitu bersama orang tua tercinta,” ujar Ghaida.

Sedangkan Farida, ia paling tertarik dengan model batik kulot, karena sedang tren di kalangan anak-anak muda.

“Batik kulot itu memiliki berbagai model corak yang bagus dan cocok digunakan untuk kegiatan resmi maupun bersantai. Aku juga ada batik kulot di rumah, tapi ukurannya lebih panjang. Untuk warnanya aku lebih tertarik yang berwarna cerah seperti putih, merah muda, dan lainnya,” ujar Farida. (02)

Rekomendasi Berita