oleh

Tambah Wawasan Kader Posyandu

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – 90 Kader Posyandu dari 9 Puskesmas di wilayah Kota Lubuklinggau, antusias ikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) bagi Kader Posyandu. Lomba yang dilaksanakan di Graha Pena Linggau Pos ini, salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke–53 tingkat Kota Lubuklinggau.

LCC Dimulai pukul 08.00 WIB, dan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, H Yetti Oktarina Prana.

Rina, sapaan istri Walikota Lubuklinggau ini mengatakan saat ini ibu-ibu sudah harus menyesuaikan diri. Apalagi sudah ada istilah, ibu-ibu zaman now.

“Artinya, ibu-ibu juga harus terus menggali pengetahuan mereka, untuk mengimbangi kemajuan zaman. Salah satu upaya menggali pengetahuan, dengan mengikuti ajang seperti ini,” ungkap Rina.

Dengan pertanyaan yang edukatif yang disediakan panitia, bisa menambah wawasan kader posyandu yang selama ini sudah bekerja secara suka dan rela.

“Karena kalau hanya suka, atau sebaliknya hanya rela maka tidak akan berhasil. Sementara, kader posyandu menjadi ujung tombak program PKK serta ujung tombak pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Dengan wawasan yang didapat, kader posyandu bisa meneruskannya ke masyarakat. Ini kegiatan yang positif. Merayakan HKN dengan memberikan wadah bagi kader posyandu untuk mengasah kemampuan,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Idris didampingi Koordinator LCC, Rudjito Riadi mengatakan apapun kegiatan yang positif serta sifatnya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pihaknya sangat mendukung.

“Kita berharap, selain ajang bertemu dan saling mengenal antar kader posyandu. Ajang ini juga untuk menambah wawasan mereka, yang nantinya bisa ditransfer ke masyarakat. Saat ini, untuk kader posyandu balita kita sudah berjumlah 495. Kita berharap, mereka yang terlibat dalam kegiatan ini bisa membagikan wawasan mereka kepada sesama kader, maupun masyarakat,” ungkap Idris.

Rudjito menambahkan, selain tiga pemenang yang akan terpilih serta yel-yel terbaik. Masing-masing tim yang terdiri dari 10 kader posyandu akan dipilih menjadi peserta terbaik. Mereka, akan mendapat bingkisan menarik dari panitia.

“Ini untuk memotivasi mereka, agar lebih semangat. Jangan dilihat dari nilainya, tetapi ini sebagai bentuk penghargan kita kepada mereka yang sudah bekerja dengan ikhlas,” ungkapnya.

Setelah pembukaan, LCC dimulai. Pertama masing-masing peserta menunjukkan yel-yel masing-masing. Lalu masuk sesi seberapa banyak, serta babak penyisihan. Peserta dinilai oleh tiga dewan juri, yakni Alian Fauzi, Aris Sutrisno dan Melva. Pada akhir perlombaan terpilih tiga pemenang LCC yakni Puskesmas Perumnas Lubuk Tanjung sebagai juara pertama, lalu di posisi kedua Puskesmas Perumnas Taba dan Puskesmas Swasti Taba untuk posisi ketiga.

Salah seorang dewan juri, Aris mengatakan kegiatan seperti ini meningkatkan taraf pendidikan, bagi Kader Posyandu yang ada di Puskesmas Kota Lubuklinggau.

“Mereka tidak akan lupa dengan soal-soal yang mereka diberikan hari ini dan bisa mereka terapkan dalam pelayanan masyarakat. Dan saya berharap bahwa kegiatan ini bisa terus diadakan apapun bentuk temanya. Baik untuk kegiatan Posyandu, pelajar maupun mahasiswa. Dan acara hari ini luar biasa meriah,” ungkap Aris. (09/18)

Komentar

Rekomendasi Berita