oleh

‘Tambah Sukses, Makin Makmur’

LUBUKLINGGAU – Warga Keturunan Tionghoa Kota Lubuklinggau merayakan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili di Vihara Vazra Bumi Silampari, Selasa (5/2). Tepatnya di Jalan Riau No.518 RT 03 Kelurahan Taba Koji, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Sekitar 100 orang sembahyang dipandu Sun Cian mulai pukul 08.00 WIB.

Menurut Sun Cian, Imlek tahun ini Shio Babi Tanah. Dengan unsur tanah, Sun Cian berharap semoga pada tahun ini semua yang berdagang tambah sukses, yang bekerja dapat gaji yang besar serta diberi kesehatan dan kemakmuran.

Menurutnya pada tahun babi dari unsur tanah yang energinya berbenturan seperti shio ular, kelinci dan ayam sebaiknya adakan kias untuk meredam keburukannya/tolak balak.

Setelah sembahyang, para jamaah dihibur dengan tarian anak-anak dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan tiga Barongsai.

Pengurus Vihara Vazra Bumi Silampari, Ema menjelaskan satu Barongsai dimainkan dua orang, usianya 12-18 tahun. Sebab, berat Barongsai mencapai 4-6 Kg.

Untuk penampilan Barongsai, butuh 15 orang sekaligus pemain alat musiknya. Untuk sukses menghibur warga yang merayakan Imlek di vihara, para pemain Barongsai latihan sebulan menjelang Imlek.

Menurut Ema, penampilan Barongsai tahun ini cukup berbeda, mengingat latihan gerakan tradisi Barongsai original, membutuhkan latihan yang sangat berat dan berisiko maka dari Tim Barongsai Lubuklinggau membentuk inovasi gerakan yang dicampur dengan sentuhan musik modern.

Seperti Oppa Gangnam Style, Baby Shark dan music modern lainnya yang dimix dengan pemukulan alat music teradisional bedug dan snere. Setelah selesai penampilan, Barongsai mendapat angpau bahkan diajak selfie untuk dokumentasi pribadi.

Sejumlah aparat kepolisian tampak berjaga-jaga di bagian depan dan samping Vihara Vazra Bumi Silampari. Guna mengamankan jalannya perayaan Hari Raya Imlek 2019 atau Tahun Baru Cina 2570 itu.

Iptu DA Rasyid selaku KBO Satlantas Kota Lubuklinggau mengatakan ada 10 personel ikut mengamankan jalannya Imlek. Terdiri dari dua anggota Shabara, satu anggota Sat Reskrim, dua anggota Sat Intel, dua anggota Polsek Lubuklinggau Timur dan tiga anggota Satlantas.

Ia memastikan pengamanan dilakukan sejak pukul 07.00 WIB, agar warga Tionghoa yang melakukan ibadah bisa merasa lebih aman dan nyaman. (adi)

Rekomendasi Berita