oleh

Talud RT 03 Tapak Lebar Belum Dibangun

Linggau Pos Online, 

LUBUKLINGGAU – Hingga saat ini talud di RT 03 Kelurahan Tapak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II masih belum dibangun. Padahal, lokasi tersebut sudah dua kali longsor pada 2018. Sebelumnya warga sudah melapor ke Ketua RT, dilanjutkan ke Lurah Tapak Lebar, bahkan Camat Lubuklinggau Barat II. Tidak hanya itu, Ketua RT 03 juga sudah melayangkan surat permohonan pembangunan talud di lokasi tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Lubuklinggau.

Hingga saat ini belum ada gerakan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pembangunan talud di kawasan tersebut. Jika tidak segera dilakukan pembangunan talud, dikhawatirkan tanah yang ambles atau longsor akan semakin banyak, sedangkan di bawahnya ada pemukiman penduduk. Selain itu, akses warga tertutup longsor.

“Tidak hanya itu di atasnya juga banyak pemukiman, kalau didiamkan takutnya terjadi longsor lagi apalagi musim hujan seperti saat ini,” ungkap Zainona, Camat Lubuklinggau Barat II.

Ditambahkan Zainona, untuk mengantisipasi longsor lanjutan warga setempat memasang gundukan tanah. Namun, jika terjadi hujan deras potensi terjadi longsor sangat besar.

Kabid Bina Marga DPUTR Kota Lubuklinggau, Ihwan menjelaskan, DPUTR Kota Lubuklinggau hanya bertanggung jawab pembangunan talud untuk kawasan perkantoran milik Pemkot Lubuklinggau. Sedangkan di kawasan pemukiman sudah menjadi tanggung jawab Disperkim Kota Lubuklinggau.

“Tapi akan kami cek terlebih dahulu, jika memang memungkinkan kami kerjakan dan tidak bertentangan dengan aturan yang ada akan kami upayakan,” ungkap Ihwan. (nia)

 

Rekomendasi Berita