oleh

Takut Diringkus, Yosef Sembunyi di Lemari Pakaian

Sempat Buron Setahun

LINGGAU POS ONLINE, MUARA LAKITAN – Berakhir sudah pelarian Yosef (30), warga Kelurahan Muara Lakitan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas. Tersangka yang sempat kabur selama setahun ini akhirnya diciduk polisi pukul 22.00 WIB pada Kamis (11/1) malam.

Tersangka pencurian buah sawit ditangkap polisi saat kembali ke rumah. Uniknya, tersangka Yosef takut diringkus, hingga dirinya bersembunyi di dalam lemari pakaian, yang berada dalam kamarnya.

“Tersangka Yosef merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) tindak pidana Curat yang melanggar pasal 363 KUHPidana. Dasar penangkapan tersangka yaitu LP/B-01/I/2017/Sumsel/ResMura/Lktn tanggal 1 Januari 2017 dan DPO/03/I/2017/ Reskrim,” kata Kapolres Musi Rawas, AKBP Bayu Dewantoro didampingi Kapolsek Muara Lakitan, AKP Nasharudin, Jumat (12/1).

Nasharudin menjelaskan, pencurian terjadi pada malam tahun baru 2017 lalu sekitar pukul 00.30 WIB di kebun buah kelapa sawit milik milik Ahwa (28) di Muara Bandar Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas.

Tersangka Yosef dan komplotannya diduga sebanyak lima orang mengambil buah kelapa sawit yang sudah dipanen dan telah diletakkan di Tempat Pengumpul Hasil (TPH) dengan cara mengangkut buah menggunakan mobil L300 Pick Up.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar empat ton buah kelapa sawit apabila ditafsirkan dengan nilai uang sebesar Rp 4.800.000.

Dalam aksinya, tersangka tidak sendirian. Tersangka merupakan salah seorang komplotan pencurian buah sawit, di mana tiga dari teman Yosef yakni berinisial AS, NV dan ER sudah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Lubuklinggau.

“Hanya saja satu orang temannya lagi berinisial DR masih berstatus DPO,” jelas Kapolsek.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, penangkapan ini berdasarkan hasil lidik petugas, diketahui bahwa tersangka yang merupakan DPO kasus tindak pidana Curat 363 KUHPidana sudah kembali dan sedang berada di rumah.

“Petugas langsung melakukan penggerebekan dan penggeledahan di rumah tersangka dan berhasil meringkus tersangka yang sedang bersembunyi di dalam lemari kamar pelaku. Tersangka langsung dibawa ke Mapolsek Muara Lakitan tanpa melakukan perlawanan,” tutupnya. (16)

Komentar

Rekomendasi Berita