oleh

Tak Sampaikan LPJ, Dana Desa Terancam Hangus

Peringatan Untuk Para Kades

Ini warning bagi Kepala Desa (Kades). Ya, bagi desa yang tidak menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan Dana Desa (DD) tahap I untuk pencairan DD tahap II tahun 2017. DD tersebut akan menjadi sisa dana Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Kipli melalui Kabid Pemdes, Ridho Oktaviano.

Pernyataan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 49/PMK.07/2016 Tentang Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi Dana Desa.

“Bagi desa yang belum sama sekali mengajukan persyaratan untuk pencairan DD tahap II 2017 pada tahun yang berjalan, dana tersebut akan menjadi sisa RKUD, bisa jadi dikembalikan lagi ke pusat. Atau dengan kata lain dana desa tersebut hangus,” ungkap Ridho, Senin (20/11) di ruang kerjanya.

Tapi Ridho menjelaskan, bagi desa yang sudah mengajukan persyaratan pencairan DD tahap II, sedangkan ada sisa dana, itu masuk Silpa untuk tahun depan.

“Misalkan DD itu sudah masuk ke rekening desa, lalu dalam realisasinya masih ada sisa dana akan masuk Silpa. Namun untuk tahun kedepannya desa tersebut terancam mendapatkan kekurangan DD,” jelasnya seraya menambahkan jika di ibu kota Kabupaten Empat Lawang yakni Kecamatan Tebing Tinggi, baru empat desa yang menyampaikan LPJ penggunaan DD tahap I.

Pihaknya, kata Ridho, telah berulang kali menyampaikan kepada kades melalui pihak kecamatan agar segera menyampaikan LPJ penggunaan DD tahap I, untuk pencairan DD tahap II.

“Saat ini masih ada waktu sekitar satu bulan bagi kades untuk menyampaikan LPJ penggunaan DD tahap I, untuk pencairan DD tahap II,” jelasnya.

Ridho kembali menegaskan, jika dalam proses pencairan DD tahap II ini, tidak ada istilah dipersulit. Jika persyaratan sudah lengkap dan sudah diverifikasi pasti akan cair.

“Pencairan DD ini tidak bisa serta merta langsung cair begitu saja, ada proses dan persyaratannya. Jadi kami minta semua kades agar segera melengkapi persyaratan untuk pencairan DD tahap II,” ungkap Ridho. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita