oleh

Tak Perlu Mudik untuk Memilih

LUBUKLINGGAU – Pada pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, pemilih bisa menyalurkan hak suara di luar domisilinya, mulai antar kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi. Kemudahan ini bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di Kota Lubuklinggau, baik dari Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, hingga daerah tetangga lainnya. Termasuk yang berasal dari Provinsi Bengkulu, karena Kota Lubuklinggau berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Demikian disampaikan ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, Sabtu (9/2).

Menurut Topan, untuk memilih di luar domisili harus mengurus persyaratan, yakni mengurus formulir A5. Formulir A5 ini, bisa didapatkan melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan di mana wilayah memilih.

“Bagi pemilih yang akan menyalurkan hak pilih pindah domisili, khususnya mahasiswa, segera mengambil surat pindah memilih atau formulir A5, minta dari asal wilayah masing-masing. A5 dibatasi 17 Februari karena akan dimasukkan dalam Sidalih (Sistem informasi pemilih, red),” katanya.

Bagi mereka yang mengurus A5, di tempat asalnya akan coret secara otomatis di Sidalih. Kemudian akan didaftarkan di tujuan memilih. Jadi pada saat print out DPTb yang diberikan kepada masyarakat mereka sudah terdaftar sebagai pemilih.

Jika memilih luar di luar Kabupaten/Kota asal, maka yang bersangkutan tidak bisa mendapatkan lima kertas suara untuk memilih. Misalnya, ada mahasiswa dari Kabupaten Mura, tentu akan dapat empat surat suara, minus surat suara untuk DPRD Kota Lubuklinggau. Bahkan bila pemilih berasal dari Kabupaten Empat Lawang, mereka hanya dapat dua surat suara, yakni Pilpres dan DPD, sementara surat suara untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Lubuklinggau mereka tidak dapat, karena asal mereka dari daerah pemilihan (Dapil) beda.

“Bukan hanya itu, kalau pemilih dari Provinsi Bengkulu, mereka hanya dapat satu surat suara untuk Pilpres saja, karena beda Dapil,” jelasnya.

Namun, untuk masyarakat yang pindah memilih menggunakan formulir A5, antar kelurahan dalam satu kecamatan atau antar kecamatan dalam satu Dapil, tentu akan mendapatkan lima surat suara, karena masuk dalam satu Dapil. (aku)

Rekomendasi Berita