oleh

Tak Pakai Helm, Terancam Denda Rp 250.000

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Sangat mudah menjumpai warga berkendara sepeda motor tanpa mengenakan helm di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Sebagian dari mereka tak sadar bahwa tindakan itu bukan hanya melanggar Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Namun juga membahayakan keselamatan diri dan orang lain.

Dalam Pasal 291 UU No. 22 tahun 2009 berbunyi, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tidak mengenakan helm Standar Nasional Indonesia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00. Bahkan, setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Kebiasaan tak mengenakan helm bukan hanya dilakukan warga biasa. Namun juga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah seorang diantaranya Mardia (45). Ia sengaja tak mengenakan helm berdalih karena selama ini sekalipun tak berhelm tetap aman. Selain itu juga belum ada penertiban berlalu lintas seperti di daerah lain.
“Saya rasa tidak ada gunanya memakai helm, apalagi di sini belum ada razia dan penertiban berlalu lintas,”ucapnya.

Sama halnya Alex (27). Ia mengaku tidak terbiasa memakai helm, karena setiap pakai helm rasa kepala ini berat dan gatal.
“Kalau pakai helm kurang nyaman bae kak, lemak lah dak pakai helm teraso ringan kepala,” ungkapnya.

Ketika disingung fungsi helm sebagai pelindung? Diakuinya bahwa fungsi helm sebagai alat pelindung kepala dan apabila terjadi kecelakaan tentunya ada yang melindungi kepala.

“Memang pakai helm itu sangat penting sebagai pelindung kepala, namun itu tadi karena tidak terbiasa,” jelas dia.

Sebelumnya orang nomor satu di Bumi Berselang Serundingan Bupati Muratara HM Syarif Hidayat menghimbau kepada masyarakat untuk taat berlalu lintas jika mengendarai motor harus menggunakan helm.
Kemudian, lanjutnya untuk pegawai harus memberikan contoh yang bagus kepada masyarakat harus pakai helm jika bermotor.(12)

Rekomendasi Berita