oleh

Tak Libatkan BKPSDM, Sidak Pol PP Muratara Tanpa Surat Tugas

-Muratara-893 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID– Sidak yang dilakukan oleh Satuan Polis Pamong Praja (Sat Pol PP) Musi Rawas Utara (Muratara) dipertanyakan oleh pihak dinas di Kabupaten Muratara.

Pasalnya, sidak yang dilakukan Selasa dan Rabu (19-20/5/2021) tidak melibatkan Tim dari BKPSDM dan Inspektorat. Padahal sesuai dengan Surat Tugas No: 090/036/ BKPSDM, sangat jelas tidak tercantum nama instansi dari Sat Pol PP.

Hal ini juga diakui beberapa dinas yang dididak, yakni Bapenda, Dinas Sosial, Kesbangpol, DPPKB dan Dinas kesehatan.

Seperti dikatakan, Edi Erwanto salah satu staf DPPKB , Rabu lalu ada sidak dari Sat Pol PP. “Tapi yang jadi pertanyaan kok sidaknya anggotanya tidak melibatkan dari BPKSDM ataupun Inspektorat,” terangnya, Jumat (21/5/2021).

Dijelaskannya, sidak tersebut tidak lain menanyakan tentang kehadiran atau masalah kedisiplinan hanya itu saja.

Ia berharap, sidak itu memang bagus dan kita sangat mendukung asal dengan prosedur yang benar atau mekanismenya sesuai. “Jangan sistem satu dua orang seperti ini dan tanpa membawakan surat tugas ini yang membuat kami bingung jadinya,” katanya.

Pihaknya sangat setuju jika sidak dilakukan demi untuk menerapkan kedisiplinan, tapi dengan jelas sidaknya jangan seperti ini lagi.

Terpisah, Kabid Penanganan Konflik dan Antisipasi Dini Kesbangpol Muratara, Susilawati, juga menjelaskan bahwa memang ada sidak dari Pol PP.

“Namun tidak tahu jelas apa yang mereka bicarakan. Saya tidak tahu betul apa tujuan mereka , dan saya tidak kenal para mereka saya cuma kenal satu orang yaitu Pak Beri dari anggota Pol PP selebihnya saya tidak tahu,” terangnya.
Diakuinya, tentang mereka membawakan surat tugas atau tidak, ia tidak tahu soalnya mereka masuk dan hanya menanyakan soal kedisiplinan dari anggota TKS dan PNS.

Sementara itu, Kepala Sat Pol PP Muratara, Firdaus membenarkan adanya surat tugas untuk sidak kepada anggota Sat Pol PP, namun hanya mendampingi Tim BKPSDM dan Inspektorat, yang berlaku Senin (18/5/2021).
“jika mereka lakukan sidak pada Selasa dan Rabu itu saya belum mengetahui, dan laporannya juga belum ada masuk ke saya,” terang Kasat.

Menurutnya, ada kemungkinan tugas yang ambil dari anggota Sat Pol PP tersebut, limpahan dari BKPSDM, yang menugaskan untuk melakukan sidak tentang kedisiplinan terhadap pegawai di ruang lingkup kerja kabupaten Muratara.

“Jika mereka melakukan tindakan diluar dari ketentuannya sebagai pendamping dari BKPSDM itu saya benar-benar tidak tahu. Perlu diketahui bahwa surat tugas yang kita berikan kepada anggota Sat Pol PP itu, hanya sekedar mendampingi bukan langsung lakukan eksekusi,” tutup kasat.(*)

Rekomendasi Berita