oleh

Tak Hanya di La Liga, Duel Sengit Suarez Vs Ronaldo Bakal Tersaji di Piala Dunia

RUSIA – Partai Uruguay Vs Portugal di babak 16 Besar, merupakan pertama kalinya kedua tim bertemu dalam ajang piala dunia Minggu (1/7) pukul 01.00 WIB. Keduanya memang pernah dua kali berduel dengan catatan satu kemenangan untuk Portugal dan satu seri pada 1972, namun itu terjadi di ajang Piala Kemerdekaan Brasil ke-150.

Kali ini, rentang 46 tahun jelas membuat kondisi dan kekuatan kedua tim jauh berbeda. Apalagi ajangnya pun jauh lebih bergengsi.
Faktor itulah yang akan membuat duel antara La Celeste kontra Selecçao das Quinas diprediksi akan sengit. Apalagi mereka juga termasuk dalam deretan tim yang cukup diunggulkan dan membidik gelar juara piala dunia edisi ke-21 itu.

Berkaca dari latar belakang, kedua tim itu pun memiliki kekuatan dan motivasi yang sama kuat. Apalagi Portugal jelas ingin mengawinkan gelar piala Eropa yang mereka raih dua tahun lalu dengan piala dunia tahun ini.

Meskipun demikian, Uruguay jelas lebih memiliki mental jawara. Soalnya mereka pernah dua kali menjadi juara pada 1930 dan 1950, sedangkan Portugal sejauh ini belum pernah merasakan gelar tersebut.

Melihat perjalan di fase grup, Uruguay juga menunjukkan grafik menanjak. Setelah susah payah menang tipis 1-0 atas Mesir, mereka secara menunjukkan perkembangan saat mengalahkan Arab Saudi 1-0 dan membantai tuan rumah Rusia 3-0 di laga penutup Grup A.

Sebaliknya, Portugal membuka fase grup dengan gemilang meski hanya bermain imbang 3-3 dengan Spanyol. Namun mereka tampak kesulitan menundukkan Maroko 1-0 dan di laga pamungkas tak bisa mengalahkan Iran.

*** Suarez vs Ronaldo

Dari sisi materi, Uruguay pun sepertinya sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Portugal. Soalnya mereka tidak bergantung pada satu pemain dan memiliki lini belakang yang solid.

Sejauh ini, Uruguay menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan di Piala Dunia 2018. Duet bek tengah Diego Godin dan Jose Gimenez belum mampu ditembus oleh lawan-lawan mereka.

Sebaliknya di kubu Portugal, duet Pepe dan José Fonte sudah empat kali kecolongan. Mereka mengalami kesulitan terutama saat menghadang lini serang berkualitas macam Spanyol.

Hal itu akan kembali menjadi masalah karena lini depan Uruguay pun tak kalah tajam. Striker Barcelona Luis Suarez dan bomber PSG Edinson Cavani sudah mengemas tiga dari lima gol La Celeste.

Uniknya, kali ini Suarez akan kembali bersua dengan Cristiano Ronaldo, pemain yang juga menjadi rivalnya di Liga Spanyol. Selain berjibaku membela tim masing-masing, Suarez dan Ronaldo pun memang bersaing ketat dalam daftar top skor La Liga 2017-2018.

Dengan koleksi 25 gol, saat itu Suarez kalah produktif meski hanya terpaut satu gol dari Ronaldo. Beruntung sepatu emas La Liga tetap menjadi milik rekan se-klub Suarez, Lionel Messi yang mengoleksi 34 gol.

Di piala dunia Saat ini, Suarez pun masih kalah produktif ketimbang Ronaldo, namun performanya yang menanjak bisa saja membuat Suarez menyalip jumlah gol CR7.

Suarez memang baru mencetak dua gol untuk Uruguay. Namun ia tampil semakin apik terutama saat mengalahkan Rusia di laga terakhir Grup A.

Sebalinya, Ronaldo yang sudah mengemas 4 gol, bermain tak begitu baik di laga terakhir. Ia tak mampu mencetak gol ke gawang Iran, bahkan saat mengeksekusi tendangan penalti. (Net)

Rekomendasi Berita