oleh

Tak Ada Target Khusus di Piala AFF U-22

JAKARTA -Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-22 bakal melakoni tiga agenda besar di tahun 2019 ini. Ketiga ajang yang bakal diikuti oleh Garuda Muda itu adalah Piala AFF U-22, Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2019.

Dari tiga agenda tersebut, turnamen Piala AFF U-22 2019 adalah ajang terdekat anak asuh Indra Sjafri itu. Piala AFF 2019 akan digulirkan di Kamboja berlangsung mulai 17 Februai hingga 2 Maret.

Dalam ajang tersebut Indonesia yang sudah sejak Senin (7/1) menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) itu sendiri tergabung dalam Grup B bersama, Myanmar, Malaysia, Singapura dan tuan rumah Kamboja.

Meski demikian, dalam ajang tersebut Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak memasang target tinggi kepada skuat Garuda Muda. Bagi PSSI, ajang itu dijadikan sebagai ajang pemanasan Timnas Indonesia U-22.

Induk sepak bola di Tanah Air tersebut memasang target tinggi di SEA Games 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-22. Ya dalam ajang itu, PSSI menargetkan Garuda Muda bisa merebut gelar juara SEA Games 2019 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020 mendatang.

Meski tak dipatok target dalam ajang Piala AFF U-22 2019, skuad Garuda Muda dipastikan bakal tetap memberikan performa terbaiknya dalam ajang tersebut. Hal itu diungkapkan Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

“Ya, hal itu memang target dari PSSI. Akan tetapi, kita yakin secara pribadi para pemain pasti ingin tetap memberikan yang terbaik. Jadi untuk target kita akan lihat nanti,” ungkap Nova.

Selain itu, mantan pemain Persib Bandung itu mengaku memiliki kesan positif terhadap progres pemain selama menjalani pemusatan latihan yang sudah berjalan hampir dua pekan ini. Menurutnya, para pemain memiliki tekad untuk bisa memberikan yang terbaik di setiap ajang yang akan diikutinya.

“Saya pikir seluruh pemain, cukup memberikan performa yang maksimal dalam menjalani latihan. Para pemain juga memiliki tekad yang sama untuk memberikan yang terbaik nantinya,” tutur Nova.
“Semoga kita bisa mendapatkan yang terbaik nantinya untuk di Piala AFF maupun di SEA Games 2019, mendatang,” sambung Nova.

Sebelumnya pelatih Indra Sjafri sendiri mengaku bahwa dirinya akan mematok target bagi para pemain dan dirinya setelah Timnas Indonesia U-22 sudah terbentuk.

“Saya kira, setiap pelatih itu pasti memiliki target yang tinggi, namun tinggi saja tentu tidak bisa, hal itu harus realistis juga. Jadi, nanti setelah tim terbentuk, kami baru bisa mematok target apa untuk Piala AFF U-22,” terang Indra.

Sebagai informasi, AFF menggelar turnamen U-22 sebagai ajang pemanasa tim sebelum tampil di kualifikasi Piala Asia U23 2020 yang digelar pada 15-23 Juli 2019. Turnamen U-22 ini merupakan yang pertama digelar federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF). Karena, sebelumnya AFF hanya menggelar turnamen kelompok senior, U-19 dan U-16.

Pada tahun 2005, AFF pernah menggelar turnamen U-23. Saat itu, Thailand keluar sebagai juara dengan mengalahkan Singapura 3-0 di babak final. Di tahun ini, AFF pertama kalinya menggelar kejuaraan di batasan usia U-22. AFF yang akan digelar pada 17 Februari itu diikuti oleh 11 negara yang dibagi kedalam dua grup.

Menurut undian beberapa waktu lalu, Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Malaysia, Singapura, Myanmar dan tuan rumah Kamboja. Sedangkan Grup A, berisikan Thailand, Vietnam, Filipina, Timor Leste, Laos, dan Brunei Darussalam. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita