oleh

Tak Ada Lagi yang Buta Alquran

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Seluruh murid SD bisa membaca Alquran, menjadi target besar Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas. Untuk proses evaluasi program Mura Sempurna Cerdas ini, Disdik menggandeng Kesra Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas H Sukamto, didampingi Kabid Dikdas, Hartoyo, Rabu (7/2).

Menurut H Sukamto, pencapaian ini dilakukan bertahap. Pertama sudah dilakukan di Kecamatan Tugumulyo. Ada lima sekolah yang menjadi pilot project di sana. Selanjutnya yang sedang dalam tahap persiapan akan dilakukan di Kecamatan Muara Kelingi.

Hartoyo menambahkan, target dari Program Mura Sempurna Cerdas 2018 ini, setiap sekolah berbenah. Sesuai dengan potensi masing-masing. Apakah mau jadi sekolah hijau, sekolah sehat, atau sekolah ramah anak. Namun di semua pilot project ini, peserta didiknya wajib bisa baca Alquran dan bisa membaca aksara latin.

“Soal bisa baca Alquran itu, benar-benar akan dites oleh tim dari Kesra Musi Rawas. Yang lulus, nanti dapat sertifikat. Hal ini juga sebagai cara kami untuk mengaktifkan kembali ekstrakulikuler Baca Tulis Alquran di sekolah-sekolah Kabupaten Musi Rawas,” jelasnya.

Menurut Hartoyo, tuntas buta Alquran ini penting dilakukan. Mengingat pondasi keagamaan dasar memang harus dikuatkan pada saat anak SD.

“Kalau sejak SD anak sudah didekatkan dengan Alquran, insya Allah pertumbuhan akhlaknya akan baik. Inilah harapan kita bersama. Sekolah-sekolah di Musi Rawas benar-benar tak hanya melahirkan generasi cerdas, namun juga bermoral,” jelasnya.

Tak hanya lima sekolah per kecamatan, karena tahun 2021 Disdik Musi Rawas menargetkan seluruh sekolah sudah bisa menyandang status sebagai sekolah ramah anak, hijau dan sehat. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita