oleh

Tahun Penindakan, Bupati Setiap Hari Turun ke Desa

LINGGAU POS ONLINE, A WIDODO – 2018 merupakan tahun penindakan bagi pelanggar Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga untuk mengantisipasi penindakan tersebut sejak awal tahun Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan langsung melakukan monitoring hasil dari pembangunan yang ada di Desa.

Pada Selasa (15/1), Hendra Gunawan turun langsung ke Desa A Widodo, C Nawangsasi dan I Sukomulyo Kecamatan Tugumulyo. Hendra meminta kepada kepala desa dan camat supaya menggunakan DD dan ADD tepat guna.

“Kalau terjadi penyelewengan DD dan ADD maka segera ditindak, karena tahun 2018 ini merupakan tahun penindakan, jadi harus tepat guna dalam penggunaannya,” tegas Hendra.

Dalam membangun desa, jelas Hendra harus dilakukan dengan kompak dan semangat, apalagi Desa C Nawangsasi memiliki penduduk tidak kurang dari 2.000 warga. Sehingga persatuan, kesatuan, gotong royong, sangat diperlukan.

“Sekarang ini era membangun desa, jadi semua kucuran dana yang diberikan oleh pemerintah pusat dan daerah harus dimanfaatkan dengan baik, sebelum membangun infrastruktur desa lakukan musyawarah dulu antara Kades dengan masyarakat. Sehingga ada kesepakatan bersama dalam membangun desa tersebut,” tuturnya.

Karena, lanjut Hendra pengawasan DD dan ADD melibatkan langsung aparat kepolisian, Kejaksaan Negeri bahkan KPK. Sehingga, jangan sampai terjadi penyalahgunaan bantuan. Karena, akibatnya akan fatal.

“Pada 2017 yang lalu, ada dua sampel desa yang diambil oleh Satgas, walaupun hasilnya belum sesuai dengan apa yang diinginkan, namun tetap kita perbaiki. Nah, 2018 ini tidak bisa lagi seperti itu, kalau memang ada yang salah dalam pembangunan di desa, langsung diambil penindakan oleh tim. Makanya, saya akan terus melakukan monitoring ke desa-desa, supaya ada kontrol dalam penggunaan DD dan ADD ini,”tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita