oleh

Tahun Ini, MTsN Siap Laksanakan UNBK

LINGGAU POS ONLINE, KALI SERAYU – Saat dibincangi wartawati koran ini, Kepala MTs Negeri Lubuklinggau Muslim menyatakan jika madrasah yang dipimpinnya sudah mendaftar sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018.

“Alhamdulillah, dari tahun ajaran kemarin, kami sudah menyatakan diri akan kesiapan melaksanakan UNBK di tahun ajaran ini. Dan kami pun telah mendaftar sebagai salah satu penyelenggara UNBK tahun ini,” kata Muslim kepada wartawati koran ini di ruang kantornya, Jumat (10/11).

Ia juga menjelaskan, jika tahun 2017 MTsN mendapatkan bantuan dua server yang nantinya dijadikan empat ruangan untuk 120 titik, dan setelah dihitung sangat cukup untuk pelaksanaan UNBK selama tiga sesi untuk 374 siswa kelas IX (sembilan) MTsN Lubuklinggau.

“Saat ini, kita juga sedang melakukan pengisian data online guna persiapan simulasi UNBK yang nantinya akan dilaksanakan pada 20 November ini. Selain itu, jaringan internet yang sudah kita miliki juga sudah siap, listrik, teknisi serta data madrasah untuk pelaksanaan UNBK juga telah kita siapkan,” jelasnya.

Muslim juga menjelaskan MTsN akan melaksanakan UNBK secara mandiri, dan untuk pengadaan unit komputer sebanyak 140 akan dibahas dan didiskusikan melalui rapat komite dalam waktu dekat ini.

“Dalam waktu dekat ini kita akan memanggil pihak komite untuk melaksanakan rapat komite, guna membahas pengadaan 140 unit komputer yang dihitung cukup untuk 374 siswa melaksanakan UNBK selama tiga sesi. Dan Andai komite tidak terjangkau dalam pengadaan komputer ini, solusi akhirnya kita akan meminta siswa untuk menyiapkan laptopnya masing-masing. Dan Alhamdulillah ada sekitar 50-an siswa yang mendaftar bersedia meminjamkan laptopnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada opsi lainnya yakni dengan melakukan penyewaan, tapi setelah di hitung ternyata cukup mahal dan dirasa lebih baik melakukan pembelian. Tetapi kita tetap saja memerlukan pandangan dan keputusan komite dalam kesuksesan pelaksanaan UNBK tahun ini.

“Karena bagaimanapun, kita tetap akan melaksanakan UNBK, karena kita telah mendaftarkan diri,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Muslim juga memaparkan 10 unit PC komputer dan 10 unit laptop yang dimiliki MTsN sudah lama dan tidak mendukung untuk pelaksanaan UNBK. Tetap pada tahun 2018 ini MTsN telah menganggarkan untuk pengadaan laptop sebanyak 10 unit saja.

“Untuk itu, jika komite tidak bersedia dalam pembelian laptop, maka opsi peminjaman laptop siswa yang kita lakukan. Nantinya satu minggu sebelum simulasi laptop siswa akan dikarantina sekolah. Dan setelah simulasi akan dikembalikan, dan begitu juga satu minggu sebelum UNBK kita akan tarik lagi laptop siswa untuk dikarantina dan akan dikembalikan setelah pelaksanaan UNBK,” paparnya.

Muslim berharap pelaksanaan UNBK perdana ini akan berjalan dengan baik, lancar dan tanpa kendala apapun seperti pelaksanaan UN secara tertulis.

“Dan saya berharap kepada siswa-siswi MTsN yang akan melaksanakan UNBK tahun ini, agar dapat lebih giat belajar, jaga kesehatan, lebih menyiapkan mental dan harus tetap fokus, karena UNBK berbeda dengan UN tertulis. Dan semoga pelaksanaan UNBK di MTsN benar-benar dapat terlaksana dengan baik nantinya,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita