oleh

Tahap II Dana Desa Dicairkan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pencairan Dana Desa (DD) tahap II sebanyak 40 % untuk 122 desa tersebar di 14 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong telah dilaksanakan.

“Hari ini (kemarin, red) terakhir pencairan tahap II DD,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong, Sapuan, Jumat (10/11).

Sapuan menjelaskan hingga siang kemarin masih ada sekitar 6 desa yang belum mengajukan permintaan pencairan DD.

“Masih ada 6 desa yang belum ngajukan pencairan, kita tunggu sampai malam nanti,” katanya.

Meski demikian, dirinya yakin 6 desa tersebut akan segera mengajukan pencairan.

“Yang enam masih meminta rekomendasi dari Dinsos PMD, mungkin sore nanti sudah mengajukan ke sini,”jelas Sapuan.

Sapuan juga memaparkan, dengan usulan pencairan DD tahap dua untuk DD ini, nantinya anggaran DD berasal dari dana pusat dipindahbukukan ke rekening desa masing-masing.

“Nanti sifatnya pemindahbukuan, anggaran ini kan dari pusat ditransfer ke rekening daerah, dan dari daerah dipindahbukukan ke masing-masing desa,” jelasnya.

Enam desa yang masih ditunggu untuk penyusulan pencairan DD tahap II tersebut diantaranya, Desa Kesambe Lama dan Desa Duku Ulu, Kecamatan Curup Timur. Kemudian Desa Cawang Lama, Kecamatan Selupu Rejang.

Kemudian, Desa Air Pikat dan Desa Kampung Sajad, Kecamatan Bermani Ulu, serta Desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

“Usulan pencairan DD ini kan melalui rekomendasi dari Dinas PMD,” katanya.

Menurut dia, dengan dicairkannya DD tahap II ini masing-masing desa bisa mulai melanjutkan kegiatan menggunakan anggaran DD di desanya masing-masing. Untuk besaran DD pada tahap II ini sebanyak 40 % sebesar sekitar Rp 38 miliar.

Sementara itu, untuk total anggaran DD secara keseluruhan pada 2017 ini senilai Rp 95 miliar. Dengan besaran anggaran di masing-masing desa berbeda-beda. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita