oleh

Syukuran Lepas Daerah Tertinggal

LINGGAU POS ONLINE – Setelah Kabupaten Musi Rawas (Mura) dinyatakan lepas dari daerah tertinggal oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia (RI).

Maka Bupati Mura, H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mura melakukan syukuran dan doa bersama, di Masjid Darussalam Muara Beliti, Jumat (2/8).

Status daerah tertinggal, tertuang dalam Kemendes PDTT RI Nomor 79 Tahun 2019 tentang Penetapan Kabupaten Daerah Tertinggal yang terentaskan tahun 2015-2019, tertanggal 31 Juli 2019 yang ditandatangani oleh Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo.

Atas prestasi ini, H Hendra Gunawan mengucapkan syukur dan berbangga atas penanggalan status daerah tertinggal oleh Kemendes PDTT Mura ini. Dan ini prestasi rakyat Mura, yang dengan sabar dan bersyukur dalam membangun daerah ini.

“Alhamdulillah, selama 15 tahun bahkan puluhan tahun menyandang status daerah tertinggal. Kini Kabupaten Mura bukan lagi menjadi salah satu daerah tertinggal, hal ini diraih atas kekompakan dan kerja cerdas masyarakat dan Pemkab Mura,” kata Hendra Gunawan.

Menurutnya, dengan ditanggalkannya status daerah tertinggal, ini dapat sejajar dengan daerah lain yang berstatus berkembang dan maju. Sehingga memiliki daya saing daerah dan semakin menarik untuk dijadikan sebagai daerah investasi dan industrialisasi.

“Dari perubahan status ini akan berdampak pada lapangan kerja semakin terbuka, bahkan bisa lebih berkembang, pendapatan masyarakat semakin meningkat dan ekonomi bergerak lebih cepat,” ucapnya.

Wabup Mura, Suwarti mengatakan pencapaian ini tidak terlepas dari perjuangan pemerintah daerah dan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat. Serta masyarakat Kabupaten Mura.

“Berbagai program pemerintah sudah berhasil memenuhi indikator, agar bisa keluar dari status daerah tertinggal. Salah satunya pengurangan angka kemiskinan dan lainnya,” kata Suwarti.

Ditambahkan, lepasnya Kabupaten Mura dari status daerah tertinggal memberi semangat baru. Dan berharap Kabupaten Mura bisa sejajar dengan kabupaten lainnya. (dlt)

Rekomendasi Berita