oleh

Syukur Masih Bertemu Ramadan

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Tadi malam, umat muslim di dunia menunaikan kali pertama Salat Tarawih untuk Ramadan 1439 Hijriah. Hal itu pula yang dilakukan Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan.

Ia mengajak umat muslim khususnya di Mura untuk terus bersyukur, karena masih berjumpa dengan Ramadan.

Ungkapan itu disampaikannya menjelang Salat Tarawih Berjamaah di Masjid Agung Darussalam, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Rabu (16/5) malam.

“Berjumpa dengan Ramadan adalah nikmat Allah SWT dan insya Allah setiap amalan ibadah yang dilakukan di bulan suci ini akan Allah lipat gandakan pahalanya, masya Allah,” ungkap Bupati.

Menurutnya sangat merugi setiap insan muslim yang tidak memanfaatkan dengan baik hadirnya Ramadan dalam dirinya. Bupati mengatakan, puasa yang diperintahkan Allah khususnya Ramadan dan puasa sunat lainnya bernilai baik bagi yang mengamalkannya. Karena tidak hanya dari sisi batin, puasa yang menahan lapar dan haus secara fisik memberikan manfaat besar bagi insan muslim.

Dia juga berpesan kepada jemaah laki-laki untuk senantiasa bersemangat salat berjamaah di masjid.

Hal sama juga diungkapkan Bupati Muratara, H Syarif Hidayat melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, H Abdullah Maktjik.

“Mari kita tingkatkan amal ibadah selama menjalankan ibadah Ramadan guna mendapatkan ridho dan keberkahan Allah SWT,” ajak Abdullah.

“Dalam jam kerja kita tadi sudah edarkan jam masuk dan jam pulang selama bulan Ramadan, tidak ada alasan tidak masuk kerja karena lesu lantaran menjalankan puasa. Mari kita isi Ramadan dengan hal-hal positif dengan membaca Alquran dan ibadah lainnya,” ajaknya lagi.

*** Ribuan Jemaah Salat Tarawih di Masjid Agung As Salam

Sementara di Kota Lubuklinggau, Penjabat Walikota Lubuklinggau H Riki Junaidi, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau H Zainuri Matan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Lubuklinggau turut serta melaksanakan Salat Isya dan Tarawih bersama ribuan jemaah di Masjid Agung As-Salam.

Salat diimami Ustad H M Tabrani, sementara tausyiah disampaikan, Ustad H M Said.

Di hadapan jemaah, H Riki Junaidi mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau mengimbau kepada masyarakat yang non muslim untuk menghargai, menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.

“Diimbau kepada pelaku usaha, hotel, rumah makan saat melakukan aktivitas pada siang hari untuk menghormati agar Lubuklinggau kondusif dan aman,” jelas Junaidi.

Lebih lanjut, Riki Junaidi menambahkan aksi teror bom baru-baru ini, Pemkot Lubuklinggau mengutuk aksi bom dan semoga saudara kita yang terluka secepatnya diberi kesembuhan.

Namun, untuk masyarakat Kota Lubuklinggau jangan mudah terpancing dan mudah terkontaminasi tetapi harus tetap waspada apabila ada yang mencurigakan silakan melapor dengan yang berwajib. (11/12/03)

Rekomendasi Berita