oleh

Syarif Hidayat Resmikan Masjid Annur

MURATARA – Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat Safari Jumat sekaligus meresmikan Masjid Annur, tepatnya Desa Rantau Jaya, Kecamatan Karang Jaya. Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan juga pemotongan pita disaksikan jamaah Jumat.

“Alhamdulillah, saya bangga dalam satu tahun pembangunan Masjid Annur dapat selesai sehingga hari ini diresmikan dan dapat dipergunakan oleh masyarakat baik dalam melaksanakan ibadah wajib maupun kegiatan kemasyarakatan seperti pengajian-pengajian ibu-ibu maupun bapak-bapak,” ungkap Syarif Hidayat ini.

Pada kesempatan, H Syarif Hidayat menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah membantu berdirinya masjid ini.

Ia juga berharap kedepannya ada perbaikan masjid-masjid yang berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera yang merupakan jalur nasional. Sehingga pada saat orang mampir akan nyaman dan akan menjadi citra baik bagi Muratara, Pemda juga telah menganggarkan bantuan dana hibah peningkatan pembangunan masjid.

“Untuk tahun ini Pemkad Muratara menganggarkan bantuan dana hibah, sebesar Rp300 juta untuk penyelesaian pembangunan masjid dan tower menara masjid sehingga Masjid Annur lebih indah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, HM Syarif Hidayat mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Karang Jaya khususnya Desa Rantau Jaya setelah adanya Masjid Annur ini diharapkan masyarakat dapat memakmurkannya.

“Mulai sekarang pasang toa dan diharapkan masyarakat aktif memakmurkan masjid ini, Ramadhan tahun ini kita jadwalkan untuk safari di sini,” ungkap HM Syarif Hidayat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Muratara, H Ikhsan Baijuri dalam sambutannya mengatakan hari ini pertama kali diadakan Salat Jumat di Masjid Annur yang merupakan masjid ke empat Desa Rantau Jaya.

“Hari ini merupakan Jumat pertama di Masjid Annur, dan sekaligus peresmiannya, ini masjid ke-32 di Kecamatan Karang Jaya dan masjid ke-158 di Kabupaten Muratara,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Kemenag Muratara juga mengajak agar menyempurnakan Masjid Annur, sehingga masjid paripurna dengan menerapkan tiga unsur, yakni Idaroh manajemen masjid, ada administrasi baik mengenai keuangan masjid dan kepengurusan masjid nanti di-SK-kan oleh Kemenag. Dengan masa jabatan setahun sekali.

Ketua pembangunan Masjid Annur, H Syamsuni Zakaria dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Muratara, atas bantuan sejak peletakan batu pertama dan hari ini berkenan hadir meresmikan langsung masjid

Penempatan rumah baru Allah SWT yang dimulai pembangunan pada saat peletakan batu pertama tanggal 25 Januari 2018 pas setahun sehingga mudah mengingat pendirian masjid ini.

Syamsuni menjelaskan penggunaan dana pembangunan Masjid Annur, selain dari dana bantuan pemerintah tahun 2017 sebesar Rp100 juta, juga ada uang sumbangan dari darmawan, dengan total keseluruhan Rp392.618.000, setelah dilaksanakan pembangunan hingga peresmian total pengeluaran Rp393 juta, jadi saat ini terhutang 163 ribu.

“Ini pembangunan yang luar biasa, kedepan bila ada biaya akan diperbaiki lagi apa kekurangan dari Masjid Annur ini, sehingga lebih baik dan nyaman untuk masyarakat setempat beribadah maupun para pengendara yang istirahat untuk melaksanakan ibadah salat,”ungkapnya.

Dalam peresmian tersebut hadir pula Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Muratara, H Zazili Taha dan para Kades di wilayah Kecamatan Karang Jaya.(Cw3)

Rekomendasi Berita