oleh

Syarat Pencalonan Toyeb-Sofian Dipleno PPK

“PPK harus mengisi hasil pleno, berdasarkan pleno PPS,” kata Divisi Teknis KPU Lubuklinggau, Gatot Widjianto.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hari ini (28/12), delapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Lubuklinggau gelar syarat dukungan bakal Pasangan Calon (Paslon) perseorangan, atas nama H Toyeb Rakembang-Sofian.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan kalau pihaknya telah membekali seluruh PPK mengenai teknis pleno dan pengisian Berita Acara (BA) hasil rekapitulasi tersebut.

“Mereka (PPK, red) sudah dibekali, dan kami sangat yakin pleno PPK akan berjalan sesuai yang sudah direncanakan,” kata Gatot Widjianto, Rabu (27/12).

Bahkan, menurut Gatot, pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai waktu pelaksanaan pleno PPK, yakni PPK Lubuklinggau Selatan I dan Barat II pleno pukul 14.00 WIB. Sedangkan enam PPK lagi, yakni PPK Lubuklinggau Utara I, Utara II, Barat I, Selatan II, Timur I dan Timur II, pleno pukul 10.00 WIB.

Selain itu, dalam pleno tersebut pihaknya sudah menginstruksikan kepada PPK untuk mengundang bakal Paslon, serta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), untuk menyaksikan pleno tersebut.

“Lampiran dari hasil pleno akan diberikan ke Paslon dan Panwascam,”jelasnya.

Maka dari itu, dirinya mengimbau kepada seluruh PPK untuk mengisi hasil pleno sesuai dengan hasil pleno yang sudah dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk diketahui, hasil pleno ini akan bergeser ke KPU dan pada 29 Desember-31 Desember KPU Kota Lubuklinggau akan melakukan rapat pleno. Setelah itu, kalau syarat yang dikumpulkan tidak memenuhi ambang batas yang sudah ditetapkan yakni berjumlah 15.470 dukungan, maka bakal Paslon harus melengkapi dua kali lipat dari kekurangan tersebut. Misalnya, kurang seratus dukungan maka bakal Paslon harus mengumpulkan dua ratus dukungan, begitu selanjutnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita