oleh

Syarat Pencalonan Toyeb-Sofian Banyak TMS

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto
“Misalkan kalau syarat mereka kurang seratus, maka harus mengumpulkan dua ratus dukungan…”

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Delapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Lubuklinggau, telah menerima hasil verifikasi faktual. Sebagai syarat pencalonan perseorangan bakal calon Walikota-Wakil Wakil Walikota Lubuklinggau atas nama H Toyeb Rakembang-Sofian.

Berdasarkan pantauan di lapangan, hasil verifikasi faktual tersebut ditemukan adanya dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Mulai alamat tidak ditemukan, hingga yang bersangkutan tidak merasa mendukung.

Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dari 2.471 dukungan ditemukan 162 dukungan yang tidak memenuhi syarat, jadi yang memenuhi syarat ada 2.309. Adapun rinciannya, untuk Kelurahan Pelita Jaya dengan jumlah dukungan sebanyak 204, yang memenuhi syarat sebanyak 195 dukungan, 9 dukungan tidak memenuhi syarat.

Kemudian, Kelurahan Kayu Ara, dengan jumlah dukungan 281, memenuhi syarat 279, 2 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Lubuk Tanjung, jumlah 447, memenuhi syarat 431, 16 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Lubuk Aman, dukungan 281, memenuhi syarat 272, 9 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Watas, jumlah dukungan 167, yang memenuhi syarat 160, 7 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Bandung Kiri, jumlah dukungan 139, dukungan yang memenuhi syarat 121, 18 dukungan tidak memenuhi syarat.

Lalu Kelurahan Bandung Ujung, jumlah dukungan 217, dukungan yang memenuhi syarat 196, 21 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Muara Enim, jumlah dukungan 328, dukungan yang memenuhi syarat 322, 6 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Tanjung Aman, jumlah dukungan 77, dukungan yang memenuhi syarat 72, 5 dukungan tidak memenuhi syarat. Kelurahan Tanjung Indah, jumlah dukungan 191, dukungan yang memenuhi syarat 132, 59 dukungan tidak memenuhi syarat.

Ketua PPK Lubuklinggau Barat I, Basuki didampingi anggota PPK, Dwi, Hendri, Aidi Fikri membenarkan kalau hasil verifikasi faktual tersebut telah bergeser ke PPK, dan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat pleno hasil verifikasi tersebut.

“Dalam waktu dekat kita akan pleno, dengan mengundang Panwascam. Setelah itu, hasil verifikasi ini akan diserahkan ke KPU,” jelasnya.

Jadi, dilanjutkannya, bisa saja terjadi perubahan, karena pihaknya siap menerima masukan ataupun temuan dari Panwascam mengenai hasil verifikasi ini.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan kalau data yang telah dikumpulkan PPK belum atau belum diketahui kebenarannya, karena PPK belum pleno.

“Setelah PPK pleno baru datanya diketahui, berapa yang memenuhi syarat dan berapa yang tidak memenuhi syarat,”kata Gatot.

Setelah itu, dilanjutkan Gatot, H Toyeb Rakembang-Sofian, kalau berdasarkan hasil rekapitulasi syarat pencalonan mereka kurang dari ambang batas minimum yang sudah ditetapkan KPU Lubuklinggau, yakni 15.470, harus melengkapi dua kali lipat dari kekurangan tersebut.

“Misalnya, kalau syarat mereka kurang seratus, maka harus mengumpulkan dua ratus dukungan,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita