oleh

Syarat Dukungan Toyeb-Sofian Ada yang TMS

“Khusus untuk yang tidak memenuhi syarat, tidak lagi dilakukan verifikasi vaktual lagi,” operator Sion KPU Kota Lubuklinggau, Frans Budi Utama.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Tim verifikasi administrasi Pasangan Calon (Paslon) perseorangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, tengah melakukan penelitian terhadap berkas H Toyeb Rakembang-Sofian yang sudah menyerahkan syarat dukungannya ke KPU pada 27 Noverber lalu.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, tim verifikasi administrasi ini terdiri dari seluruh jajaran KPU Kota Lubuklinggau, yang di komandoi Divisi Logistik KPU Kota Lubuklinggau, Efrizal selaku Ketua Kelompok Kerja (pokja).

Mereka melakukan verifikasi secara manual, mencocokkan data yang sudah dikumpulkan Paslon dengan yang sudah upload dalam sistem Informasi Pencalonan (Silon). Hasilnya, ada beberapa syarat yang dikumpulkan dianggap tidak memenuhi syarat, mulai dari dukungan ganda hingga tidak cocok tidak memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, yakni anggota TNI, Polri, PNS serta penyelenggara pemilu hingga perangkat Desa/Kelurahan.

Ketua Pokja Silon KPU Kota Lubuklinggau, Efrizal melalui operatornya, Frans Budi Utama mengatakan kalau pihaknya menargetkan verifikasi administrasi ini akan selesai pada 5 Desember 2017, sehingga pada 8 Desember semuanya sudah di upload ke Silon.

Menurut Frans, dalam penelitian administrasi tersebut, pihaknya hanya menentukan status dari dukungan yang sudah diserahkan, yakni tidak memenuhi syarat dan memenuhi syarat.

“Khusus untuk yang tidak memenuhi syarat, tidak lagi dilakukan verifikasi faktual lagi,” katanya.

Misalnya, kalau ada 10 syarat dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat, maka yang akan dilakukan verifikasi faktual hanya, 15.863 dukungan, karena H Toyeb Rakembang-Sofian menyerahkan dukungan sebanyak15.873, dan ambang batas KPU Kota Lubuklinggau hanya 15.470.

“Bila dalam penelitian faktual ternyata jumlah dukungan yang diperoleh tidak memenuhi ambang batas minimum, maka kandidat harus kembali melengkapi persyaratan di masa perbaikan, yakni pada 18 Januari hingga 20 Januari 2018,” jelasnya.

Tapi, untuk saat ini dirinya belum bisa memastikan apakah syarat yang sudah diserahkan H Toyeb Rakembang-Sofian sudah memenuhi syarat atau belum. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita