oleh

Surat Suara Pilkada Lampung Beredar di Lubuklinggau

“Kita sudah instruksikan anggota KPPS untuk memeriksa surat suara sebelum diberikan kepemilih,”kata Kasubag Hukum KPU Lubuklinggau, Misran Ayudi.

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Masyarakat, inisial AJ yang menggunakan hak pilihnya di TPS 5 dan TPS 2, Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (27/6). Menemukan surat suara yang memuat Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Lampung Utara. Hal itu diketahuinya, saat akan menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

Terkait penemuan tersebut, tim KPU Kota Lubuklinggau langsung turun ke lokasi dan melakukan pengecekan, ditemukan ada 9 surat suara yang memuat foto Paslon Bupati-Wakil Bupati Lampung Utara. Jumlah surat suara tersebut ada 9, 8 di TPS 5 dan 1 di TPS 2.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim melalui Kasubag Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Misran Ayudi membenarkan adanya temuan tersebut.

Menurut Misran Ayudi, saat pelipatan dan penyortiran sudah ditemukan surat suara Bupati Lampung Utara. Kemudian, surat suara itu sudah dipisahkan, dan telah dimusnahkan pada Selasa (26/6). Maka, dirinya menyesali masih beredarnya surat suara dari wilayah lain itu.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihaknya langsung menghubungi seluruh anggota KPPS untuk melakukan pemeriksaan, sebelum diberikan ke pemilih.

“Kita sudah instruksikan ke anggota KPPS untuk memeriksa seluruh surat suara sebelum diberikan ke pemilih. Kemudian, kalau ada kekurangan surat suara segera berkoordinasi dengan anggota KPPS terdekat,” jelasnya.

Untuk diketahui, hingga berita naik cetak jumlah surat suara yang memuat Paslon Bupati-Wakil Bupati Lampung Utara, tidak mengalami penambahan. (01)

Rekomendasi Berita