oleh

Surat Suara Pilgub Bergeser Mulai Didistribusikan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – PT Temprina Media Grafika menyerahkan secara serentak surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), kepada empat KPU kabupaten/kota. Surat suara yang diserahkan itu mencapai 792,710 lembar, diserahkan ke KPU Empat Lawang, KPU Musi Rawas (Mura), KPU Kota Lubuklinggau dan KPU Musi Rawas Utara (Muratara).

Surat suara tadi diterima KPU kabupaten/kota di sekretariat masing-masing, Senin(28/5).

Pendistribusian surat suara oleh perusahaan percetakan, dilakukan oleh Direktur Utama PT Temprina Media Grafika, Edi Satsunu ke KPU Kabupaten Empat Lawang, KPU Mura, KPU Lubuklinggau dan Muratara, dikawal oleh KPU Provinsi Sumsel diwakili Kasubag Umum dan Logistik, Amlan.

Sebelum menyerahkan surat suara ke KPU Mura, Kota Lubuklinggau dan KPU Muratara, terlebih dahulu dilakukan di KPU Kabupaten Empat Lawang. Jumlah surat suara untuk Kabupaten Empat Lawang 200.499 lembar. Surat suara untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, diterima Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan.

Selanjutnya sekretariat KPU Sumsel dan rombongan bergerak ke KPU Kabupaten Mura. Surat suara untuk Pilkada di Kabupaten Mura ada 286.007 lembar, dan diterima langsung oleh ketua KPU Kabupaten Mura, Ach Zain.

Kemudian, mereka ke KPU Kota Lubuklinggau, dan disambut langsung oleh Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, didampingi Sekretaris H Triko Defriansah, dengan 159.032 lembar surat suara masih lengkap dalam boks yang diberi segel. Setelah pendistribusian surat suara di KPU Kota Lubuklinggau, dilanjutkan ke KPU Kabupaten Meratara, untuk menyerahkan 147.172 lembar surat suara, dan diterima langsung Ketua KPU Muratara, Agus Maryanto.

Kedatangan surat suara untuk Pemilihan Gubernur tersebut dikawal ketat-ketat aparat kepolisian, serta dipantau langsung Kasubag Umum dan Logistik KPU Provinsi Sumsel, Amlan.

Menurut Amlan, jumlah surat suara yang didistribusikan ke KPU Empat Lawang, KPU Mura, KPU Kota Lubuklinggau dan KPU Muratara sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen untuk masyarakat yang memenuhi syarat memilih, tapi belum terdaftar di DPT serta surat suara yang rusak.

“Kami dari KPU Provinsi sengaja mengawal pendistribusian surat suara, untuk memastikan surat suara diterima oleh masing-masing KPU,”kata Amlan.

Dilanjutkan Amlan, karena sebelum pendistribusian ke KPU Kota Lubuklinggau, pihaknya terlebih dahulu melakukan pendistribusian surat suara ke KPU Kabupaten Empat Lawang, disitu sudah didistribusikan sebanyak 200.499 lembar surat suara. Selanjutnya, rombongan bergerak ke KPU Kabupaten Musi Rawas, untuk mendistribusikan sebanyak 286.007 surat suara. (01)

Rekomendasi Berita