oleh

Surat Suara Caleg Tidak Memuat Foto

LUBUKLINGGAU – Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Teknis, Bambang Irawan mengatakan untuk surat suara Calon Legislatif (Caleg), mulai DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kota Lubuklinggau, hanya memuat nama dan nomor urut saja, tidak memuat foto dari Caleg. Beda halnya untuk surat suara dari calon anggota DPD dan calon Presiden-Wakil Presiden, surat suara mereka selain memuat nomor urut dilengkapi foto dan nama. Pada pelaksanaan Pemilu 2019, yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Meskipun demikian masyarakat tidak perlu khawatir dalam melakukan pencoblosan. Karena, bagi masyarakat yang mengalami kesulitan untuk memilih atau mencari nama dan nomor urut Caleg yang hendak dicoblos jangan khawatir. Sebab dalam menyalurkan suara boleh didampingi, atas izin dari petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Namun, khusus untuk pemilih yang berusia tua atau disabilitas yang mengalami kesulitan dalam memilih.

“Yang kita maksud itu pemilih berkebutuhan khusus, seperti para pemilih berusia tua, tidak bisa baca atau rabun, disabilitas, bisa didampingi untuk menyalurkan hak suaranya. Karena, kalau tidak didampingi mereka tidak bisa memilih,” kata Bambang Irawan, Rabu (6/2).

Menurut Bambang, tapi dalam menyalurkan suara sesuai dengan yang akan dicoblos pemilih. Pendamping tidak boleh mengarahkan, tugasnya hanya membantu para pemilih untuk menggunakan hak suaranya.

“Tugas mereka hanya membantu, tidak boleh mengarahkan,” jelasnya.

Seperti diketahui Kota Lubuklinggau akan melaksanakan Pemilu 2019 di delapan kecamatan, 72 kelurahan dan 608 Tempat Pungutan Suara (TPS). Rinciannya untuk Kecamatan Lubuklinggau Timur I 22.505 pemilih, Lubuklinggau Barat I 25.740 pemilih.

Kecamatan Lubuklinggau Selatan I 11.191 pemilih, Lubuklinggau Utara I 12.754 pemilih. Kecamatan Lubuklinggau Timur II 22.820 pemilih, Kecamatan Lubuklinggau Barat II 14.956 pemilih. Serta Kecamatan Lubuklinggau Selatan II 22.414 pemilih dan Kecamatan Lubuklinggau Utara II 28.505 pemilih. (aku)

Rekomendasi Berita