oleh

Supervisi Bagian dari Tugas Kepala Madrasah

Kepala MAN 2 Lubuklinggau Saipul Basin
“Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan…”

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Kegiatan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah/madrasah sangat diperlukan oleh guru. Karena bagi guru yang bekerja setiap hari di sekolah tidak ada pihak lain yang lebih dekat dan mengetahui dari dalam segala kegiatannya, kecuali kepala sekolah.

Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin melakukan kegiatan supervisi pendidikan di kelas terhadap beberapa guru MAN 2 Lubuklinggau. Pada kesempatan ini, Saipul Basin mengatakan salah satu tujuan supervisi ini adalah untuk menentukan beberapa guru senior atau guru yang sudah memenuhi kriteria menjadi supervisor untuk guru yang lain.

Menurutnya, guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan. Untuk itu, supervisi ini juga untuk meningkatkan kualitas guru yang tugasnya mengajar, mendidik,  di dalam ruang kelas sehingga materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik.

“Supervisi merupakan  bagian dari tugas saya sebagai kepala  madrasah karena bertanggung jawab atas keberhasilan pendidikan di Madrasah, saya dapat melihat secara langsung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),”jelasnya.

Sebagai seorang supervisor, Saipul bertugas mengamati kinerja guru yang sedang disupervisi, memberikan penilaian dan mencatatnya dalam lembar supervisi. Dan pada supervisi ini, Saipul duduk diantara para siswa agar leluasa mengamati gerak-gerik sang guru yang sedang mengajar. Selain performanya, kelengkapan administrasi seorang guru juga menjadi penilaian utama.

Sedangkan dikatakan Waka Kurikulum, Dra Hj Arina Suyetty , tugas Supervisor melihat dan menilai kelengkapan administrasi guru seperti perangkat pembelajaran, dokumen kurikulum, portofolio dan lain sebagainya, yang merupakan dokumen yang harus dimiliki.

“Dan juga nanti ada kesimpulan, apakah guru itu sudah mengajar dengan baik atau belum.  Dalam melaksanakan tugas, kepala madrasah dibantu beberapa orang guru senior atau guru yang sudah memenuhi kriteria, yang juga bertugas menjadi supervisor, karena guru di MAN 2 Lubuklinggau cukup banyak jumlahnya,”ungkapnya. (rrf)

News Feed