oleh

Sumur Kering, Warga Mandi di Sungai

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Masyarakat sudah sebulan ini mengeluhkan susahnya mencukupi kebutuhan air bersih. Itu terjadi di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Salah seorang warga Dusun IV, Desa Mekar Jaya, Lili membenarkan hal tersebut.

“Sumur-sumur milik masyarakat sekarang ini sudah kering. Karena tak ada jalan lain lagi, jadi untuk mandi sekarang kami sering ke Sungai Musi,” jelas Lili kepada Linggau Pos, Minggu (30/9).

Selain sumur, lanjut Lili, sungai yang ada di sekitar desa biasa tempat masyarakat mandi pun sekarang sudah mulai kering, dan airnya tidak layak untuk digunakan. Baik mandi ataupun kebutuhan yang lain.

“Biasanya kami mandi di sungai yang ada di pinggir desa sedangkan untuk kebutuhan air minum kami mengambil dari sumur. Tapi sekarang baik sungai maupun sumur semua sudah mengalami kekeringan,” keluhnya.

Hal senada disampaikan Heri warga Perumnas Kros. Meski ia berada di pusat Kota Tebing Tinggi, namun juga merasakan masalah air kesulitan mendapatkan air bersih, sebab belum ada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Biasanya kami membeli air bersih setiap satu minggu sekali untuk kebutuhan minum dan juga mandi, karena di sini belum ada PDAM,” kata Heri.

Dia berharap, dengan pemerintah Kabupaten Empat Lawang agar bisa mencari solusi agar masyarakat tidak bingung lagi memenuhi kebutuhan air bersih. (cw2)

Rekomendasi Berita