oleh

Sultan Sulaiman Bangun Dua Masjid

Islam dan Masjid Bersejarah di Pulau Sumatera (10)

Jumat(25/5) sudah disampaikan tentang Masjid Raya Sultan Ahmadsyah di Kota Tanjung Balai, Masjid Raya Bandar Khalifah, Desa Gelam, Kecamatan Banda, Kabupaten Deli Serdang dan Masjid Lama Gang Bengkok. Hari ini masih ada Masjid Raya Sulaimaniyah di Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Masjid Azizi dan Masjid Raya Al-Mashun. Berikut laporannya.

Dirangkum Oleh Solihin

MASJID Raya Sulaimaniyah terletak di Desa/Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, dari arah Medan menuju Tebing Tinggi akan melewati masjid ini, demikian juga sebaliknya.

Masjid Raya Sulaimaniyah didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah pada tahun 1894 seiring dengan dipindahkannya ibukota kesultanan Serdang dari Rantau Panjang (sekarang berada di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang) ke Istana kota Galuh Perbaungan (dulu Serdang). Nama masjid ini sendiri dinisbatkan kepada Sultan Sulaiman, yang membangunnya. Selain di Kota Galuh Perbaungan, Sultan Sulaiman juga membangun masjid dengan nama yang sama di Pantai Cermin pada tahun 1901 dan sama sama masih eksis hingga kini.

Masjid Sulaimaniyah yang terletak di desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Berdagai, Sumatera Utara, didirikan oleh Sultan Sulaiman Syariful Alamsyah pada tahun 1901.
Kemudian Masjid Azizi, awalnya masjid ini pembangunannya dilaksanakan atas saran Syekh Abdul Wahab Babussalam pada masa pemerintahan Sultan Langkat Haji Musa, yakni pada tahun 1899. Akan tetapi, Haji Musa meninggal pada saat masjid masih dalam proses pembangunan. Sehingga pembangunan masjid dilanjutkan oleh puteranya, Sultan Abdul Azizi Abdul Jalil Rahmad Syah. Oleh karena itu, nama ‘Azizi’ berasal dari nama putera Sultan Haji Musa yang menyelesaikan pembangunan masjid pada tahun 1902.

Dan Masjid Raya Al-Mashun dibangun tahun 1906 oleh Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam. Masjid yang merupakan satu ikon pariwisata Kota Medan ini sangat indah dengan arsitektur khas yang bergaya Timur Tengah, India dan Spanyol. (bersambung)

Rekomendasi Berita